RESILIENSI BURUH PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DESA KENDALDOYONG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN

Nina Maulidiah, NIM.: 17102050017 (2021) RESILIENSI BURUH PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DESA KENDALDOYONG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI BURUH PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DESA KENDALDOYONG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN)
17102050017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI BURUH PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DESA KENDALDOYONG KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN)
17102050017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari di kalangan masyarakat dan hal itu berdampak pada beberapa sektor seperti sektor pendidikan, sektor ekonomi, sektor kesehatan, dan sektor-sektor lainnya. Hal itu juga berdampak pada proses pembelajaran di Sekolah yang selama pandemi ini kebanyakan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring ini tentu saja membutuhkan sarana pendukung seperti Smartphone dan juga paket internet. Buruh yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai anak yang masih sekolah tentu saja mengalami dampak ini. Kebutuhan pendidikan yang berbeda seperti sebelum adanya pandemi dan tuntutan pekerjaan membuat buruh tersebut harus mempunyai rseiliensi yang baik. Secara garis besar resiliensi adalah kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah, berada dalam tekanan dan dia mampu bertahan bahkan keluar dalam masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan teori resiliensi dan berlokasi di Desa Kendaldoyong Wonosalam Demak. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dalam pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini para informan mampu beresiliensi dalam berperan sebagai buruh dan juga memenuhi kebutuhan pendidikan anak. . Kemampuan resiliensi dari para informan sendiri juga berbeda satu sama lain seperti Ibu AS yang mampu mengatur emosi, pengendalian impuls, optimisme, empati, peningkatan aspek posotif. Sedangkan Ibu SU mampu mengatur emosi, optimisme, empati, analisis penyebab masalah, efikasi diri, peningkatan aspek posotif dan ibu NN bisa mengatur emosi, pengendalian impuls, optimisme, peningkatan aspek posotif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Buruh Perempuan, Kebutuhan Pendidikan Anak, Covid-19
Subjects: Covid-19
Gender
Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 11:18
Last Modified: 11 Jan 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum