SISTEM PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KEKERINGAN (STUDI KASUS DI KALURAHAN JERUKWUDEL, KAPANEWON GIRISUBO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

Muhammad Naufal ‘Izuddin, NIM.: 17102050032 (2021) SISTEM PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KEKERINGAN (STUDI KASUS DI KALURAHAN JERUKWUDEL, KAPANEWON GIRISUBO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KEKERINGAN (STUDI KASUS DI KALURAHAN JERUKWUDEL, KAPANEWON GIRISUBO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
17102050032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PEMANENAN AIR HUJAN SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KEKERINGAN (STUDI KASUS DI KALURAHAN JERUKWUDEL, KAPANEWON GIRISUBO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
17102050032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pemanenan air hujan merupakan salah satu teknik yang diaplikasikan oleh sebagian besar masyarakat di Kalurahan Jerukwudel dalam menghadapi bencana alam kekeringan yang pada setiap tahunnya terjadi. Kalurahan Jerukwudel memiliki jumlah penduduk sebanyak 1953 jiwa yang terbagi kedalam 8 padukuhan/dusun yang pada setiap tahunnya menjadi korban akibat dari bencana alam kekeringan yang terjadi pada setiap tahunnya. Guna menghadapi dan mensiasati adanya bencana alam kekeringan yang terjadi setiap tahunnya tersebut, maka masyarakat di Kalurahan Jerukwudel membuat sebuah sistem pemanenan air hujan yang telah diaplikasikan oleh sebagian besar masyarakat di Kalurahan Jerukwudel. Pemanenan air hujan adalah suatu metode guna mengumpulkan dan menyimpan/menampung air hujan yang jatuh pada suatu bangunan, jalan, atau permukaan lainnya yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan air ataupun juga dapat diresapkan kedalam tanah kembali. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana sistem pemanenan air hujan sebagai alternatif upaya penanggulangan bencana alam kekeringan di Kalurahan Jerukwudel, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah warga masyarakat yang berada di Kalurahan Jerukwudel yang telah mengalami bencana alam kekeringan dan memiliki sistem pemanenan air hujan. Objek dari penelitian ini adalah adalah sistem pemanenan air hujan di Kalurahan Jerukwudel, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemanenan air hujan yang diaplikasikan oleh warga masyarakat Kalurahan Jerukwudel adalah dengan metode sistem pemanenan hujan aktif dimana air hujan yang jatuh dari langit, kemudian ditangkap, lalu dialirkan kedalam bak penampungan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemanenan Air Hujan, Bencana Alam, Kekeringan
Subjects: Bencana Masyarakat - People’s Action
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 11:26
Last Modified: 11 Jan 2022 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum