PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PADA ANAK DI TAMAN QUR’ANI YATIM DAN DHU’AFA AL-MUBAROK, KARANG SATRIA, TAMBUN UTARA, BEKASI, JAWA BARAT

Marentha Windhi Pratiwi, NIM.: 17102050044 (2021) PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PADA ANAK DI TAMAN QUR’ANI YATIM DAN DHU’AFA AL-MUBAROK, KARANG SATRIA, TAMBUN UTARA, BEKASI, JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PADA ANAK DI TAMAN QUR’ANI YATIM DAN DHU’AFA AL-MUBAROK, KARANG SATRIA, TAMBUN UTARA, BEKASI, JAWA BARAT)
17102050044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PADA ANAK DI TAMAN QUR’ANI YATIM DAN DHU’AFA AL-MUBAROK, KARANG SATRIA, TAMBUN UTARA, BEKASI, JAWA BARAT)
17102050044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern ini, kemajuan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan seiring dengan perkembangnya globalisasi yang membawa manusia telah mencapai taraf hidup yang relatif tinggi. Pendidikan sangat penting untuk mengantisipasi era globalisasi, khususnya dalam pengembangan potensi diri. Pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan untuk mengembangkan potensi diri anak, karena memberikan kontribusi bagi pembangunan melalui pendidikan keterampilan, kecakapan hidup, pelatihan keterampilan. Taman Qur’ani yang berdiri untuk tujuan mencerdaskan umat Islam dan meningkatkan taraf hidup anak untuk bekal kelak mereka dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan potensi diri melalui pelatihan keterampilan pada anak di Taman Qur’ani. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendeketan studi kasus. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berupa beberapa informan yang berjumlah 7 orang yaitu pengurus, pengajar, dan santri. Hasil dari penelitian ini yakni dalam pelatihan keterampilan yang dilakukan di Taman Qur’ani berupa program pelatihan nonformal seperti mejahit, dan muhadhoroh. Setelah pelaksanaan kegiatan pastinya akan terbentuk sebuah potensi diri yang dimiliki pada anak yaitu potensi diri intelektual, potensi emosional, potensi spiritual, dan potensi sosial. selanjutnya dalam suatu pelaksanaan adanya faktor penghambat dan pendukung sebagai indikator dalam menjalankan pelatihan tersebut, adapun faktor penghambat yaitu hilangnya motivasi diri, dan kurangnya pengajar. Faktor pendukung yakni peran penting kepemimpinan dalam dukungan dan partisipasti, dukungan dari masyarakat yaitu bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan dhuafa, dukungan dan perhatian dari orang-orang dalam pondok maupun luar pondok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Potensi Diri, Pelatihan Keterampilan, Anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 13:51
Last Modified: 11 Jan 2022 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum