POLA ASUH PENGURUS PANTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK STUDI KASUS : PANTI ASUHAN ASSALAM ISTIQOMAH KEBUMEN

S. Hadhiani Kurniawati, NIM.: 1710205054 (2021) POLA ASUH PENGURUS PANTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK STUDI KASUS : PANTI ASUHAN ASSALAM ISTIQOMAH KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH PENGURUS PANTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK STUDI KASUS : PANTI ASUHAN ASSALAM ISTIQOMAH KEBUMEN)
17102050054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH PENGURUS PANTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK STUDI KASUS : PANTI ASUHAN ASSALAM ISTIQOMAH KEBUMEN)
17102050054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh dan dampak pola asuh pengurus panti dalam menanamkan perilaku prososial anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus yakni meneliti sebuah fenomena yaitu perilaku prososial yang ditanamkan oleh pengurus panti melalui pola asuh. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdapat 2 pengurus panti dan 4 anak asuh. Untuk menganalisis sebuah data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pola asuh yang diterapkan di Panti Asuhan Assalam Istiqomah Kebumen menggunakan pola asuh yang demokratis dan otoriter. Dalam mengasuh anak, pola asuh yang digunakan dalam menanamkan perilaku prososial anak dengan memberikan anak kegiatan yang produktif seperti belajar bersama, bekerja sama, belajar bersama, mengaji, kerja bakti, dan melakukan piket harian dimana kegiatan tersebut anak dituntut harus bekerja sama dengan teman untuk menyelesaikan tugasnya. Selain itu pengurus mengunakan pola asuh otoriter untuk menumbuhkan kedsisiplinan anak asuh. Perilaku prososial sebagai perilaku menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan dan perilaku tersebut muncul dari dalam diri. Bentuk perilaku prososial yang ditanamkan pengurus dengan sharing (berbagi), cooperative (bekerja sama), donating (menyumbang), helping (menolong), honesty (kejujuran), generosity (dermawan), memperhatikan kesejahteraan orang lain dan memberikan model penayangan perilaku prososial. Dampak dari pola asuh pengurus dalam menanamkan perilaku prososial anak adalah meningkatnya perilaku prososial anak asuh, memiliki kemandirian, disiplin dan memiliki rasa empati dimana empati mendorong individu berperilaku prososial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khotibul Umam, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Dampak Pola Asuh, dan Prososial
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 13:59
Last Modified: 11 Jan 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum