Al-Atsar Al-Jamiliyah H.B. Jassin fi Terjemah Surah Al-Waqiah (Dirosah at-Talqi 'ala Kitab Al-Qur’an al-Karim Bacaan Mulia)

Hilyatus Sa’adah, NIM.: ; 12110041 (2020) Al-Atsar Al-Jamiliyah H.B. Jassin fi Terjemah Surah Al-Waqiah (Dirosah at-Talqi 'ala Kitab Al-Qur’an al-Karim Bacaan Mulia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-ATSAR AL-JAMILIYAH H.B. JASSIN FI TERJEMAH SURAH AL-WAQIAH (DIROSAH AT-TALQI 'ALA KITAB AL-QUR’AN AL-KARIM BACAAN MULIA))
12110041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL-ATSAR AL-JAMILIYAH H.B. JASSIN FI TERJEMAH SURAH AL-WAQIAH (DIROSAH AT-TALQI 'ALA KITAB AL-QUR’AN AL-KARIM BACAAN MULIA))
12110041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kajian resepsi yang melihat pemaknaan teks، termasuk al-Qur’an، bersifat polisemantik. Teks memiliki beragam kemungkinan makna yang mengaktualiasikan diri tergantung pada siapa dan bagaimana proses pembacaannya. H.B. Jassin menghadirkan terjemahan al-Qur’an yang berbentuk puisi dalam Al-Qur’an Al-Karim Bacaan Mulia sebagai bentuk usaha untuk menangkap sisi puitis al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pola interaksi kutub artistik teks dengan kutub estetik pembaca untuk melahirkan produk terjemahan surat al-Waqiah H.B. jassin dalam AL-QUR’AN AL-KARIM BACAAN MULIA? (2) bagaimana implikasi estetik dan aktualisasi diri H.B. Jassin dalam terjemahan surat al-Waqiah dalam Al-Qur’an al-Karim Bacaan Mulia? Menurut Wolfgang Iser، pemaknaan teks tergantung pada dua kutub، yakni kutub artistik di dalam teks dan kutub estetik yang berada dalam diri pembaca. Kutub artistik teks terdiri dari lapis bunyi dan arti. Lapisan tersebut memungkinkan pembaca untuk menemukan beragam makna. Teks merupakan ruang kosong yang memberikan kemungkinan-kemungkinan tak terhingga untuk dimaknai. Kekosongan ini disebabkan karena teks tidak memiliki preferensi dalam wilayah empiris. Kutub estetik pembaca merupakan penentu makna sesuai dengan latar belakang، pengalaman، asosiasi، imajinasi، perasaan، dan pengharapannya. Teks diinternalisasi sampai pada taraf pembacaan sebagai proses mengalami. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) interaksi teks dengan Jassin berlangsung dalam waktu yang lama dan berulang-ulang. Teks diinternalisasi dan dimaknai sesuai dengan perjalanan hidup dan perkembangan imajinasi dan perasaan Jassin. (2) unsur pribadi berupa latar belakang، perasaan، imajinasi dan pengharapan turut ikut serta dalam produk terjemahan yang membuatnya berbeda dengan terjemahan lain. Lapis bunyi (musikalitas) dan lapis arti menjadi pemaknaan terhadap teks surat al-Waqiah. (3) adanya usaha Jassin untuk menerjemahkan musikalitas/persajakan surat al-Waqiah ke dalam bahasa Indonesia baik pada aspek bunyi، baik segi rima، irama dan tipografi. Kata Kunci: H.B. Jassin، Al-Qur’an al-Karim Bacaan Mulia، Teori Resepsi، Wolfgang Iser، Surat Al-Waqiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Ibnu Burdah, S.Ag. M.A.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an al-Karim; teori resepsi; Surat Al-Waqiah
Subjects: al Qur'an > Qur'an - analsis bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Jan 2022 10:32
Last Modified: 25 Jan 2022 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum