INTERAKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DAN JAWA PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KAMPUNG KETANDAN YOGYAKARTA PASCA REFORMASI

Agung Kurniawan, NIM.: 17102050086 (2021) INTERAKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DAN JAWA PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KAMPUNG KETANDAN YOGYAKARTA PASCA REFORMASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DAN JAWA PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KAMPUNG KETANDAN YOGYAKARTA PASCA REFORMASI)
17102050086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL ETNIS TIONGHOA DAN JAWA PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KAMPUNG KETANDAN YOGYAKARTA PASCA REFORMASI)
17102050086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Interaksi sosial merupakan bertemunya individu dan individu lainnya yang menyebabkan pergaulan hidup dalam suatu kelompok sosial. Interaksi antar manusia telah melalui proses sosial yang disebut “adaptasi”. Di kota Yogyakarta khususnya di Pecinan Kampung Ketandan, bentuk hubungan antar budaya yang terlihat adalah adanya adaptasi budaya. Banyak pendapat mengenai penyebab orang Tionghoa awalnya tiba di Indonesia, tetapi beberapa temuan menunjukkan bahwa hubungan tertentu telah ada antara Indonesia dan Tiongkok sejak zaman kuno. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dua etnis yang berbeda, dari suku maupun budaya namun, dapat hidup saling berdampingan dan selaras. Penelitian ini dapat mengetahui bentuk-bentuk interaksi yang ada di Pecinan Ketandan pasca reformasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021 sampai dengan bulan Agustus 2021 yang bertujuan mengetahui bentuk interaksi sosial yang terjadi antara etnis Tionghoa dengan etnis Jawa yang berada di Kampung Ketandan serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan interaksi sosial itu terjadi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka interaksi sosial yang terjadi di Kampung Ketandan pasca reformasi ini berbentuk interaksi sosial asosiatif atau hubungan yang saling menyatukan antar individu maupun kelompok masyarakat. Faktor yang mempengaruhi dari hubungan antara etnis Tionghoa dan etnis Jawa di Kampung Ketandan yaitu sugesti, simpati, identifikasi, imitasi, dan empati. Keberfungsian sosial yang ada di Kampung Ketandan telah berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Idan Ramdani, MA
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Kampung Ketandan, Etnis Tionghoa, Etnis Jawa
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Sosial, Interaksi
Toleransi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 14:26
Last Modified: 11 Jan 2022 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum