BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN BERAGAMA MUALLAF DI YAYASAN PEMBINAAN MUALLAF Al-MUHAJIRIN BUMI ASRI MEDAN

Suci Wulansari, NIM.: 18102020027 (2021) BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN BERAGAMA MUALLAF DI YAYASAN PEMBINAAN MUALLAF Al-MUHAJIRIN BUMI ASRI MEDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN BERAGAMA MUALLAF DI YAYASAN PEMBINAAN MUALLAF Al-MUHAJIRIN BUMI ASRI MEDAN)
18102020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN BERAGAMA MUALLAF DI YAYASAN PEMBINAAN MUALLAF Al-MUHAJIRIN BUMI ASRI MEDAN)
18102020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seseorang yang memutuskan untuk memeluk Islam sebagai agama yang diyakini disebut muallaf. Muallaf sebagai orang yang baru memeluk agama Islam, sudah tentu memiliki berbagai masalah yang sedang dihadapi. Mulai dari masalah keimanan yang masih lemah dan pemahaman agama Islam yang masih kurang, sehingga dapat menyebabkan muallaf kembali ke agama sebelumnya atau disebut juga dengan murtad, apabila tidak mendapat bimbingan agama yang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah berupaya, menemukan dan mendeskripsikan metode bimbingan agama yang digunakan pembimbing dalam memberikan bimbingan agama untuk muallaf di Yayasan Pembinaan Muallaf Al Muhajirin Bumi Asri Medan. Jenis penelitian field research (lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang terkumpul disusun, dikelompokkan, kemudian dilakukan analisis, sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan yayasan dalam bimbingan agama untuk meningkatkan komitmen beragama muallaf terdapat dua metode, yaitu metode wawancara dan metode langsung (bersifat directif) dengan teknik individu dan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Rifa’I, MA
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama, Komitmen Beragama, Muallaf
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 14:37
Last Modified: 11 Jan 2022 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum