BIMBINGAN KETERAMPILAN UNTUK MEMBEKALI VOCATIONAL SKILL PADA REMAJA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

Iin Baroatul Isfat Alula, NIM.: 18102020034 (2021) BIMBINGAN KETERAMPILAN UNTUK MEMBEKALI VOCATIONAL SKILL PADA REMAJA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN UNTUK MEMBEKALI VOCATIONAL SKILL PADA REMAJA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
18102020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN UNTUK MEMBEKALI VOCATIONAL SKILL PADA REMAJA PEREMPUAN PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
18102020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Remaja perempuan putus sekolah membutuhkan pendidikan pengganti yang dapat membantu mereka menghadapi dunia kerja. Salah satu pendidikan pengganti yang bisa diberikan adalah bimbingan keterampilan. Bimbingan keterampilan dapat membekali vocational skill yang memudahkan mereka dalam bekerja kelak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini berupaya untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pentingnya program bimbingan keterampilan yang dipilih Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta untuk membekali vocational skill remaja perempuan putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 3 remaja perempuan putus sekolah warga binaan BPRSW Yogyakarta, 2 instruktur bimbingan keterampilan di BPRSW Yogyakarta, dan 2 pekerja sosial BPRSW Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan keterampilan penting diberikan kepada remaja perempuan putus sekolah di BPRSW Yogyakarta karena bimbingan keterampilan berfungsi untuk mencegah remaja perempuan putus sekolah dari kesulitan mencari pekerjaan dan bekerja. Selain itu, bimbingan keterampilan juga memberikan perubahan pada keterampilan, sikap, dan perilaku remaja perempuan putus sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ferra Puspito Sari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keterampilan, Vocational Skill, Remaja Perempuan Putus Sekolah
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Bimbingan Konseling
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 14:40
Last Modified: 11 Jan 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum