IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 3 KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Aisyah MY, NIM.: 14410086 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 3 KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 3 KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
14410086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 3 KALASAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
14410086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya perlindungan anak yang berupa segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak serta hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari diskriminasi. Namun dalam perkembangannya, banyak anak-anak yang menjadi korban kekerasan, eksploitasi, dan penganiayaan, baik di rumah, maupun di sekolah. Sehingga banyak anak yang tidak lagi merasa aman dan nyaman untuk bermain dan belajar karena selalu berada dalam tekanan dan ancaman. Dalam upaya perlindungan anak dan untuk mengurangi tindakan kekerasan terhadap anak, terutama di dunia sekolah, maka diwujudkan program Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai langkah nyata mencegah berbagai bentuk kekerasan pada peserta didik dengan menghidupkan kembali lingkungan yang ramah anak dan senantiasa mengutamakan prinsip perlindungan anak. Selain itu, pendidikan agama, khususnya pendidikan agama Islam menjadi patokan dasar dalam menanggulangi kekerasan terhadap anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi program SRA, dan relevansi program SRA terhadap PAI serta apa saja faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pengimplementasian program SRA di SMP N 3 Kalasan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengimplementasian program SRA dan relevansinya terhadap PAI serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar penelitian di SMP N 3 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi program sekolah ramah anak di SMP N 3 Kalasan melalui beberapa tahap, antara lain: persiapan, perencanaan, pelaksanaan/pengembangan, pemantauan, dan evaluasi. (2) Relevansi program SRA terhadap PAI terlihat kaitannya pada konsep, tujuan, prinsip dan kebijakan serta materi pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. (3) Faktor pendukung implementasi program SRA antara lain: tujuan,sasaran kebijakan, dan dasar hukum yang jelas dan konsisten, tenaga pendidik yang ahli, dukungan stakeholder, sarana dan prasarana yang memadai, keikutsertaan peserta didik dalam forum anak Sleman. Adapun faktor penghambatnya kurang pahamnya beberapa siswa tentang program SRA, dan tidak adanya akses difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:07
Last Modified: 13 Jan 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum