KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K.H HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DENGAN PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN )

M. Harisul Huda, NIM.: 14410112 (2021) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K.H HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DENGAN PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K.H HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DENGAN PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN ))
14410112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN K.H HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DENGAN PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN ))
14410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis kepustakaan dengan data sumber kitab karya K. H. Hasyim Asy'ari dan Imam Al Ghazali. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode library research. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan content analysis dan komparasi yaitu dengan melakukan penafsiran terhadap pemikiran K.H. Hasyim Asy'ari dan Imam Al-Ghazali dan melakukan perbandingan dari isi kedua kitab tersebut. Dari situlah diketahui masih relevankah dengan konsep kepribadian guru PAI pada masa kini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kepribadian guru yang ditawarkan oleh K.H. Hasyim Asy'ari dalam kitab Adab Al- ‘Alim wa Muta'allim meliputi pribadi yang bertakwa berwibawa, sabar, rendah hati, ikhlas, ridho, ramah, tekun, disiplin, menghargai peserta didik, teladan, kreatif, dan evaluator. Sedangkan kompetensi kepribadian guru yang ditawarkan oleh Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumiddin terdiri dari akhlak mulia, ikhlas, berwibawa, sportif, arif bijaksana. 2)Persamaannya yaitu berpondasi pada religius ethic. Dimana ketika dalammengajar didasarkan atas keimanan dan niat yang tulus. Sedangkan perbedaannyayaitu terletak dalam kompetensi kepribadian yang terlihat dalam kitab Ihya‘Ulumiddin khusus ditujukan pada diri peserta didik sendiri, dan kepribadian guruyang termuat dalam kitab Adab al ‘Alim wa Al Muta'allim lebih luas yaitu mencakupkepribadian atas diri, kepribadian dalam mengajar, dan juga kepribadian saatberhadapan dengan peserta didik. 3) Relevansi kepribadian guru yang ditawarkanoleh K.H. Hasyim Asy'ari maupun Imam Al Ghazali dengan Permendiknas nomor 16tahun 2007 yaitu saling melengkapi dan menambahi kekurangan masing-masinguntuk menjadikannya sosok guru yang ideal. Hal ini dikarenakan kepribadian gurudalam kitab Ihya ‘Ulimiddin maupun kitab Adab Al Alim wa Al Muta'allim belumsemuanya termaktub dalam Permendiknas nomor 16 tahun 2007. Dengan adanyasosok guru yang mempunyai kepribadian yang baik akan mendukung untukmewujudkan eksistensi sosok guru yang ideal guna mewujudkan tujuan pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian Guru, K.H Hasyim Asy’ari, Imam Al-Ghazali
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:10
Last Modified: 13 Jan 2022 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum