NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB ‘AQIDATU AL- ‘AWAM KARYA SAYYID AHMAD MARZUQI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KURIKULUM

Khoirunisa Nur Fajrina, NIM.: 15410116 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB ‘AQIDATU AL- ‘AWAM KARYA SAYYID AHMAD MARZUQI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KURIKULUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB ‘AQĪDATU AL- ‘AWĀM KARYA SAYYID AHMAD MARZUQI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KURIKULUM)
15410116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB ‘AQĪDATU AL- ‘AWĀM KARYA SAYYID AHMAD MARZUQI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KURIKULUM)
15410116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pendidikan Islam yang merupakan sub sistem dari pendidikan nasional memiliki peranan penting dalam pembentukan akhlak dan karakter peserta didik. Dalam Islam, Pendidikan Islam tidak hanya sekedar transfer ilmu, melainkan sebagai sarana transfer nilai sehingga nilai-nilai Islam yang didapatkan dapat tertanam dalam setiap individu. Sumber pendidikan Islam salah satunya yakni dari kitab kuning. Kitab kuning biasanya ditulis dalam bahasa Arab tanpa harakat dan di dalamnya membahas tentang kehidupan sehari-hari. Kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām merupakan salah satu dari berbagai macam kitab kuning. ‘Aqīdatu Al-‘Awām berarti akidah untuk orang-orang awam sehingga kitab ini merupakan kitab yang sangat penting bagi orang yang masih pemula dalam mempelajari Islam. Banyaknya orang yang beranggapan bahwa kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām fokus pembahasannya hanya tentang akidah, namun melihat betapa pentingnya kitab ini bagi umat Islam, maka tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dan merelevansikannya dengan materi PAI SMP Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini yaitu studi pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pencarian dan pengumpulan data dengan membaca dan mendalami, mendeskripsikan dan menganalisa, dan membuat kesimpulan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis konten. Hasil penelitian ini adalah: pertama, nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām antara lain: 1) Nilai Akidah, 2) Nilai Akhlak, 3) Nilai Ibadah, 4) Nilai Sejarah Islam. Kedua, nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām relevan dengan pokok bahasan dan materi Pendidikan Agama Islam di SMP. Kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām yang memuat materi akidah, akhlak, ibadah, dan sejarah Islam sesuai dengan materi pembelajaran pada PAI SMP dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Kitab ‘Aqīdatu Al-‘Awām, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:10
Last Modified: 14 Jan 2022 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum