INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI BUKU SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH

Muhammad Faaza, NIM.: 16410053 (2021) INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI BUKU SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI BUKU SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH)
16410053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI BUKU SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH)
16410053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berawal dari banyaknya aksi-aksi yang dilakukan oleh beberapa ormas tertentu yang semakin yang ingin mengganti falsafah Pancasila, khususnya pengaruh gerakan Islamisme tertentu yang saat ini mulai menginfiltrasi kalangan pelajar. Sesuai dengan UU Sisdiknas pancasila menjadi pondasi Pendidikan Agama Islam di Indonesia, namun realitanya belum terjadi kesesuaian dalam ranah afeksi peserta didik. Dalam hal ini sumber belajar menjadi bagian yang penting dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter bagi siswa muslim dengan diberikannya pendidikan dan pemahaman mengenai keislaman dan Pancasila yang pada dasarnya tidak ada pertentangan di dalamnya. Dalam buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam kelas X, penulis menemukan beberapa materi yang di dalamnya terdapat nilai-nilai Pancasila (yang dijabarkan melalui 45 butir Pancasila) namun belum dijelaskan secara eksplisit. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. pengumpulan data dilakukan pada sumber yang relevan seperti buku siswa, jurnal, berita, serta peraturan perundang-undangan yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam jenjang Madrasah Aliyah Kelas X terkandung nilai-nilai Pancasila yang dapat diintegrasikan dengan materi yang ada di dalamnya. (1)Terdapat 17 butir nilai Pancasila yang terdapat pada buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam MA kelas X yakni pada sila pertama butir ke-1,2 dan 7; sila kedua butir ke-9,10,11,13,14, dan 15; sila ketiga butir ke-18 dan 19; sila keempat butir ke-27; sila kelima pada butir ke-37,40, 41, 42, dan 45. (2) Pengintegrasian nilai-nilai pancasila dengan materi dalam buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam MA Kelas X diharapkan mampu meningkatkan jiwa nasionalisme dan dapat mengikir penyebaran paham anti-pancasila yang sedang marak di Indonesia khususnya di kalangan pelajar muslim. Karena pancasila adalah pondasi bagi Pendidikan Agama Islam di Indonesia khususnya Sejarah Kebudayaan Islam untuk terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pancasila, Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pancasila
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:35
Last Modified: 14 Jan 2022 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum