PRINSIP-PRINSIP PERILAKU SYUKUR DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12 DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Analityka Filashofi, NIM.: 16430017 (2021) PRINSIP-PRINSIP PERILAKU SYUKUR DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12 DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRINSIP-PRINSIP PERILAKU SYUKUR DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12 DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
16430017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRINSIP-PRINSIP PERILAKU SYUKUR DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12 DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
16430017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman sekarang ini terjadi fenomena tentang perilaku anak seperti anak tidak mau berusaha, cepat menyerah, tidak mampu berfikir dengan baik, pemalu, dan mengalami permasalahan sosial dengan teman-temannya. Fenomena tersebut dapat terjadi karena anak belum mampu untuk bersyukur. Ketika anak dihadapkan pada permasalahan kecil, anak akan langsung menyerah, dan enggan untuk mencoba. Oleh karena itu sangat penting untuk menanamkan perilaku syukur pada anak sejak dini. Surat Luqman ayat 12 adalah salah satu sumber ide dan gagasan pendidikan yang penting bagi keluarga muslim dan guru sebagai pendidik. Ayat ini merupakan salah satu dasar untuk menanamkan perilaku syukur kepada anak. Sehingga dampak yang diharapkan selanjutnya adalah perilaku anak dapat sesuai dengan ayat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip mengajarkan perilaku syukur pada anak usia dini yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) sumber data primer: Tafsir Al-Misbah dan Al-Quran dan Terjemahannya (2) sumber data sekunder: Wawasan Al-Quran: Tafsir MaudhuI atas Perbagai Persoalan Umat karya M.Quraish Shihab, Bersyukurlah Maka Engkau Akan Bahagia karya Alwi Alatas, dan buku pendukung lainnya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengumpulan data literer. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif analitik. Isi kandungan surat Luqman ayat 12 berdasarkan Tafsir Al-Misbah yaitu hikmah, perintah untuk bersyukur dan larangan kufur. Prinsip-prinsip menanamkan sikap syukur pada anak usia dini dalam surat Luqman ayat 12 berdasarkan Tafsir Al-Misbah yaitu: (1) Bersyukur dengan hati (2) Bersyukur dengan lisan (3) Bersyukur dengan anggota badan. Relevansi surat Luqman ayat 12 dengan pendidikan anak usia dini berdasarkan Tafsir Al-Misbah yaitu pendidikan akhlak tentang perintah bersyukur (1) Bersyukur dengan hati: Memberikan pemahaman pada anak tentang pentingnya bersyukur dengan hati dan mengajari anak sujud syukur (2) Bersyukur dengan lisan: membiasakan anak mengucapkan kalimat Alhamdulillah dan mengenalkan dan membiasakan berdoa dan berdzikir (3) Bersyukur dengan anggota badan: membiasakan anak mempergunakan anggota badan dalam hal ketaatan misalnya melatih anak sholat berjama’ah dan membiasakan anak menjauhi kemaksiatan misalnya melatih anak menggunakan tangannya untuk suka memberi bukan untuk mengambil sesuatu yang bukan miliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, S.Pd.I, M.A
Uncontrolled Keywords: Perilaku Syukur, Pendidikan Anak, Luqmanul Hakim
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Tafsir Al-Qur'an > Kisah dalam Al-Qur'an
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:47
Last Modified: 14 Jan 2022 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum