MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Akhida Istiqomah Widyastuti, NIM.: 16600007 (2021) MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL)
16600007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL)
16600007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi Android dengan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan penguatan pendidikan karakter pada materi aritmetika sosial yang valid. Media pembelajaran ini memuat materi aritmetika sosial yang ditujukan untuk peserta didik SMP atau sederajat kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan prosedur pengembangan Richey dan Klein. Pengembangan ini melalui beberapa tahap yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah instrumen kevalidan produk. Teknik pengumpulan data adalah pengisian instrumen kevalidan produk. Analisis data penelitian adalah analisis validitas. Penelitian pengembangan media pembelajaran aplikasi Android telah melalui tahap perencanaan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini memperoleh hasil validitas sebesar 80,91% dengan kriteria valid. Adapun indikator penilaian dari media ini meliputi tampilan umum, penyajian pembelajaran, pengoperasian aplikasi, keterlaksanaan, penyajian materi, bahasa, dan alur cerita. Indikator tampilan umum mendapatkan persentase 81,25% (Valid), indikator penyajian pembelajaran mendapatkan persentase 87,5% (Sangat Valid), indikator pengoperasian aplikasi mendapatkan persentase 83,33% (Valid), indikator keterlaksanaan mendapatkan persentase 79,17% (Valid), indikator penyajian materi mendapatkan persentase 81,25% (Valid), indikator bahasa mendapatkan persentase 81,25% (Valid), dan indikator alur cerita mendapatkan persentase 81,25% (Valid). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi Android telah valid dan dapat untuk diuji cobakan ke lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 09:54
Last Modified: 14 Jan 2022 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum