REINTERPRETASI HABIB RIZIEQ SHIHAB TERHADAP SILA-SILA PANCASILA DALAM DISERTASINYA TINJAUAN HERMENEUTIKA HANS GEORGE GADAMER

Yasid Al-Bustomi, NIM. 15510056 (2021) REINTERPRETASI HABIB RIZIEQ SHIHAB TERHADAP SILA-SILA PANCASILA DALAM DISERTASINYA TINJAUAN HERMENEUTIKA HANS GEORGE GADAMER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REINTERPRETASI HABIB RIZIEQ SHIHAB TERHADAP SILA-SILA PANCASILA DALAM DISERTASINYA TINJAUAN HERMENEUTIKA HANS GEORGE GADAMER)
15510056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REINTERPRETASI HABIB RIZIEQ SHIHAB TERHADAP SILA-SILA PANCASILA DALAM DISERTASINYA TINJAUAN HERMENEUTIKA HANS GEORGE GADAMER)
15510056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini kehidupan keberagaman bangsa Indonesia mengalami ketegangan akibat menguatnya isu-isu sara yang berujung pada fanatisme agama, munculnya kelompok kelompok yang menginginkan agar memasukkan kembali tujuh kata suci kedalam amandemen UUD 1945 Piagam Jakarta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari faktor penyebab terjadinya ketegangan antar kelompok beragama. Salah satu tokoh yang menyuarakan akan hal itu adalah Habib Rizieq Shihab, selain aktif menggalang massa dengan berbagai ormas Islam untuk menuntut agar dikembalikannya tujuh kata suci itu beliau juga menulis dalam disertasinya seputar Pancasila dan penerapan Syariat Islam di Indonesia, hal itu yang kemudian membuat penulis tertarik untuk menelaah bagaimana pemikiran beliau tentang Pancasila. Penelitian dengan judul “Reinterpretasi Habib Rizieq Shihab Terhadap Sila-sila Pancasila dalam Disertasinya Tinjauan Hermeneutika Hans George Gadamer” memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Tafsir Pancasila dalam pandangan Habib Rizieq Shihab dan bagaimana Efektifitasnya jika diterapkan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan objek penelitian pada disertasi Habib Rizieq Shihab “Pengaruh Pancasila dalam penerapan Syariat Islam di Indonesia”. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menjadikan disertasi tersebut sebagai data primer dan sumber pustaka lainnya sebagai data sekunder. Teori yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah Hermeneutika Hans George Gadamer. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Reinterpretasi Habib Rizieq terhadap sila-sila Pancasila dalam disertasinya merupakan buah dari ekspresi keagamaannya dan kepentingannya untuk menegakkan Syariat Islam di Indonesia. Menurut Gadamer hal itu terjadi akibat tidak adanya kesadaran terhadap keterpengeruhan seorang penafsir sebagai pejuang Syariat Islam sehingga berdampak terhadap pembaharuan dan rehabilitasi terhadap Pra-pemahaman penafsir, tidak adanya rehabilitasi terhadap Pra-pemahaman penafsir melahirkan tidak adanya kesepemahaman antara penafsir dengan teks yang ditafsirkan. Sehingga pada proses peleburan Horizon Pancasila sebagai teks yang ditafsirkan dikendalikan oleh keinginan penafsir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Fatkhan S.Ag M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Pancasila, Habib Rizieq, Hermeneutika
Subjects: Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Jan 2022 13:12
Last Modified: 14 Jan 2022 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum