PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS ANAK DI MASA PANDEMI DI RT 36 RW 09 IROMEJAN KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Suci Nurmaya Ulfah, NIM.: 17104010028 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS ANAK DI MASA PANDEMI DI RT 36 RW 09 IROMEJAN KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS ANAK DI MASA PANDEMI DI RT 36 RW 09 IROMEJAN KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
17104010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS ANAK DI MASA PANDEMI DI RT 36 RW 09 IROMEJAN KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
17104010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah Pembinaan religiusitas (keagamaan) menjadi sangat penting bagi kehidupan, terutama generasi muda atau generasi penerus bangsa. Keyakinan agama berfungsi untuk membangun kesadaran anak tentang adanya Tuhan dan hubungannya dengan pencipta. Pendidikan etika juga penting untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Anak-anak perlu diajarkan bagaimana bersikap kepada orang tua, guru, dan teman-teman. Namun dalam pelaksanaan pendidikan tidak bisa berjalan seperti yang kita harapkan bersama adanya pandemi Covid-19 yang memasuki di Negara Indonesia, pandemi mengubah proses pembelajaran menjadi daring (pembelajaran jarak jauh). Oleh karena itu semenjak sekolah daring anak menjadi memiliki banyak waktu luang yang menyebabkan anak banyak menyalah gunakan waktunya, apabila tanpa pengawasan dari orang tuanya. Maka dari itu perlulah peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas anak di masa pandemi ini, agar anak dapat terarahkan dengan baik dan menjadi anak yang sholih-sholihah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek yang diambil dari penelitian tersebut yaitu warga di wilayah RT 36 RW 09 Iromejan. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai religiusitas yang ditanamkan dalam diri anak didik meliputi, nilai ibadah, jihad, amanah, ikhlas, akhlak dan kedisiplinan serta keteladanan, yang mana kelima nilai tersebut terintegrasi ke dalam ke dalam kehidupan anak didik sehari-hari, (2) Peran orang tua mempunyai tiga bentuk pola pendidikan yaitu perilaku keagamaan, sikap kegamaan dan keteladanan agama. ketiga bentuk penanaman tersebut digunakan dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada diri anak didik (3) Faktor pendukung dalam melakukan penanaman nilai religiusitas pada diri anak didik meliputi, kondisi demografi, motivasi, kegaitan keagamaan dan terdapat beberapa Lembaga Pendidikan agama. Adapun faktor penghambat meliputi budaya digital, rendahnya kepekaan orang tua, pekerjaan orang tua dan kenakalan remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Yuli Kuswandari M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Nilai-Nilai Religiusitas, Anak Didik, Masa Pandemi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam
Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 11:33
Last Modified: 14 Jan 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum