PROBLEMATIKA BELAJAR PAI SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH KELAS VII DI DUSUN MUTIHAN RW 14 DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Dewi Ainin, NIM.: 17104010089 (2021) PROBLEMATIKA BELAJAR PAI SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH KELAS VII DI DUSUN MUTIHAN RW 14 DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA BELAJAR PAI SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH KELAS VII DI DUSUN MUTIHAN RW 14 DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG)
17104010089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA BELAJAR PAI SECARA DARING PADA ANAK SEKOLAH KELAS VII DI DUSUN MUTIHAN RW 14 DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG)
17104010089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah akibat adanya Covid-19 menjadikan semua pembelajaran dilakukan secara daring termasuk mata pelajaran PAI. Pembelajaran daring sekarang menjadi jalan alternatif yang dapat diterapkan selama masa pandemi. Namun hal tersebut tentu tidak terlepas dari problematika yang muncul diantaranya yaitu fasilitas belajar di rumah yang kurang memadai, jaringan internet yang tidak stabil, anak merasa jenuh dan tidak paham akan materi yang disampaikan guru, kurang variatifnya metode maupun aplikasi belajar yang digunakan, dan keterbatasan biaya maupun pengetahuan orang tua terhadap PAI serta teknologi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan belajar PAI secara daring, problematika apa saja yang dihadapi, dan solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan tiga metode yaitu dokumentasi dengan mencari data-data dusun, observasi dan wawancara mengenai problematika belajar PAI daring kepada subjek penelitian. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode, sedangkan analisis datanya menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Belajar PAI secara daring dilakukan dengan menggunakan handphone android yang berisi aplikasi sebagai media belajarnya. Guru menyampaikan materi melalui grup WhatsApp atau Google Classroom. 2) Problematika yang muncul antara lain yaitu problematika yang dihadapi anak di rumah, problematika anak dari sisi guru, problematika ketika mengikuti pembelajaran PAI, dan problematika yang dihadapi orang tuanya. 3) Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul ketika belajar PAI secara daring diantaranya yaitu orang tua membantu anaknya apabila mengalami kesulitan, memberikan fasilitas dan dampingan kepada anaknya secara maksimal, partisipasi anak dalam mengikuti pembelajaran lebih ditingkatkan, aplikasi dan metode belajar daring yang digunakan lebih variatif dan kreatif, serta pemahaman orang tua terhadap PAI maupun teknologi lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Problematika, Belajar PAI daring, Covid-19
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:11
Last Modified: 14 Jan 2022 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum