IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS V WAHAB HASBULLAH MI MA’ARIF KLESMAN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021

Laelatul Hidayah, NIM.: 17104010128 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS V WAHAB HASBULLAH MI MA’ARIF KLESMAN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS V WAHAB HASBULLAH MI MA’ARIF KLESMAN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104010128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS V WAHAB HASBULLAH MI MA’ARIF KLESMAN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104010128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bermula dari wabah Covid-19 yang masuk ke Indonesia dan mengharuskan pendidikan mengalami perubahan menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan) pada semua mata pelajaran, temasuk Aqidah Akhlak pada lembaga sekolah berbasis keagamaan. Tentu tidak mudah dalam pelaksanaannya karena hal ini baru pertama kali dalam pelaksanaannya. Tentu terdapat bermacam kesulitan yang dialami guru, siswa, juga bagi wali siswa. Mulai dari jaringan internet, tipe HP yang tergolong lama, mood siswa yang mudah berubah saat pembelajaran, wali siswa yang kurang telaten dalam mendampingi anaknya, dll. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan datanya yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas V Wahab Hasbullah, siswa, dan wali siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran daring Aqidah Akhlak kelas V Wahab Hasbullah berlangsung di aplikasi Whatsapp. Dari tahap perencanaan hingga penilaian masih sama seperti di kelas, hanya berbeda pada pelaksanannya saja yaitu secara daring di masa sekarang. Materi yang diberikan biasanya bersumber dari e-book dan sesekali diselingi materi yang diambil dari youtube. Untuk penilaian, guru memberikan soal-soal yang diambil dari e-book. 2) Faktor pendukung pada pembelajaran daring Aqidah Akhlak: Adanya pelatihan ICT dan IHT, adanya kreativitas guru, daerah yang strategis dalam hal jaringan internet, mood yang baik dan daya pikir kritis, kondisi rumah yang harmonis, adanya orang dewasa di rumah untuk membimbing pembelajaran daring. Faktor penghambat: sinyal yang jelek ketika pemadaman listrik, kesulitan membeli kuota internet, tipe HP yang tergolong lama, siswa yang asal-asalan dalam mengerjakan tugas, kurangnya literasi, orang tua yang tidak telaten dalam menemani anak belajar, mood anak yang tiba-tiba berubah malas belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Daring Aqidah Akhlak, Pembelajaran Daring Aqidah Akhlak di MI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:34
Last Modified: 14 Jan 2022 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum