JILBAB DAN RUANG PUBLIK: JILBAB SEBAGAI UKURAN KECANTIKAN DI AKUN INSTAGRAM UIN SUKA CANTIK

Muhammad Machsun Fu’adi, NIM. 14540019 (2021) JILBAB DAN RUANG PUBLIK: JILBAB SEBAGAI UKURAN KECANTIKAN DI AKUN INSTAGRAM UIN SUKA CANTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JILBAB DAN RUANG PUBLIK: JILBAB SEBAGAI UKURAN KECANTIKAN DI AKUN INSTAGRAM UIN SUKA CANTIK Skripsi Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Oleh: Muhammad Machsun Fu’adi NIM. 14540019 PROG)
14540019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (JILBAB DAN RUANG PUBLIK: JILBAB SEBAGAI UKURAN KECANTIKAN DI AKUN INSTAGRAM UIN SUKA CANTIK Skripsi Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Oleh: Muhammad Machsun Fu’adi NIM. 14540019 PROG)
14540019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil objek akun instagram UIN Suka Cantik, khususnya tentang unggahan-unggahan yang ada di sana. Dengan mengunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini menjelaskan tentang tampilan jilbab yang terdapat pada akun Instagram UIN Suka Cantik. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena dengan ini akan diketahui tentang tata aturan yang ditentukan oleh akun instagram UIN Suka Cantik dalam menentukan kriteria mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tergolong cantik. Selain itu juga kan dilihat pengaruh unggahan yang terdapat dalam akun instagram UIN Suka Cantik terhadap penampilan mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil data dari unggahan-unggahan yang ada pada akun instagram UIN Suka Cantik serta beberapa wawancara. Wawancara tersebut meliputi admin akun instagram UIN Suka Cantik, mahasiswi yang menyimak akun instagram UIN Suka Cantik serta mahasiswi yang fotonya diunggah oleh akun instagram UIN Suka Cantik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pisau analisis ruang publik Jurgen Habermas. Dalam penelitian ini, ditemukan beberapa kesimpulan. Di antaranya akun instagram UIN Suka Cantik tidak asal mengunggah gambar mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dianggap cantik, ada beberapa syarat yang mereka tetapkan. Beberapa syarat tersebut ialah harus berjilbab, jilbab yang dikenakan tidak boleh norak, masih mmenampilkan wajah, dan tidak terlalu ketat. Syarat-syarat ini, secara otomatis mengeliminasi foto-foto mahasiswi UIN Sunan Kalijaga yang tidak berjilbab, berjilbab tetapi dengan pakaian yang terlalu ketat maupun mahasiswi yang berjilbab jenis cadar. Mengenai pengaruh unggahan yang terdapat dalam akun instagram UIN Suka Cantik terhadap penampilan mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan. Hal ini karena setiap mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah memiliki standar gayanya masing-masing dalam berjilbab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Adib Sofia, S.S,
Uncontrolled Keywords: UIN Suka Cantik, Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga, jilbab
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Jan 2022 14:12
Last Modified: 14 Jan 2022 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum