PENGARUH KEBIASAAN MENONTON FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS AMINAH ANAK IBU SINARTI) PEMBUANG HULU KALIMANTAN TENGAH

Mira Permata Sari, NIM.: 17104030036 (2021) PENGARUH KEBIASAAN MENONTON FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS AMINAH ANAK IBU SINARTI) PEMBUANG HULU KALIMANTAN TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBIASAAN MENONTON FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS AMINAH ANAK IBU SINARTI) PEMBUANG HULU KALIMANTAN TENGAH)
17104030036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBIASAAN MENONTON FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS AMINAH ANAK IBU SINARTI) PEMBUANG HULU KALIMANTAN TENGAH)
17104030036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Masalah penelitian ini yaitu mengingat televisi merupakan suatu media yang dapat atau mampu mengubah sikap dan tingkah laku termasuk bahasa anak setelah melihat apa yang mereka tonton, salah satunya adalah kebiasaan anak menonton film kartun upin ipin, tidak jarang anak-anak mulai mengikuti cara berbicaranya, kemudian meniru adegan-adegan dari tokoh yang disenanginya karena pada dasarnya anak-anak memang seorang peniru yang ulung. Seperti kasus pada Aminah anak dari bapak Suherman dan ibu Sinarti Dimana seharusnya perkembangan bahasa anak seusia Aminah memperoleh ba hasa pertama dari ibunya (bahasa Dayak), tapi berbeda halnya dengan Aminah yang dalam kehidupan sehari-harinya lebih banyak menggunakan bahasa melayu bukan bahasa dayak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Analisis data dilakukan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang mempengaruh perkembangan bahasa anak yaitu kebiasan anak menonton film kartun Upin Ipin, kurangnya kesehatan dari segi makanan serta tidak pernah mengikuti imunisasi sejak lahir sampai saat ini, kurangnya dorongan, kurang berkomunikasi dan interaksi dengan orang lain. (2) Ada pun pengaruhnya yaitu bahasa Melayu (bahasa Upin Ipin) lebih mendominasi bahasa Aminah, terjadinya proses pencampuran bahasa Melayu dengan bahasa Dayak (bahasa Ibu), Keterlambatan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Anak Menonton, Perkembangan Bahasa Anak, Film Kartun Upin Ipin
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 15:23
Last Modified: 14 Jan 2022 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum