MEMBANGKITKAN EKONOMI KAUM DHUAFA (STUDI SOSIOLOGI ATAS PROGRAM PELATIHAN KELAS KULINER HALAL di RUMAH GEMILANG INDONESIA YOGYAKARTA)

Deyana Tasya Aulia, NIM.: 16720027 (2021) MEMBANGKITKAN EKONOMI KAUM DHUAFA (STUDI SOSIOLOGI ATAS PROGRAM PELATIHAN KELAS KULINER HALAL di RUMAH GEMILANG INDONESIA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMBANGKITKAN EKONOMI KAUM DHUAFA (STUDI SOSIOLOGI ATAS PROGRAM PELATIHAN KELAS KULINER HALAL di RUMAH GEMILANG INDONESIA YOGYAKARTA))
16720027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEMBANGKITKAN EKONOMI KAUM DHUAFA (STUDI SOSIOLOGI ATAS PROGRAM PELATIHAN KELAS KULINER HALAL di RUMAH GEMILANG INDONESIA YOGYAKARTA))
16720027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Gemilang Indonesia Kelas Kuliner Halal yang di resmikan pada 14 Maret 2020 merupakan sebuah program pemberdayaan yang didirikan oleh lembaga Al Azhar Peduli Ummat, yang bertujuan untuk memberikan pemberdayaan pelatihan kuliner halal kepada anak laki-laki di usia produktif. Hal ini bertujuan untuk menekan angka pengangguran pada usia produktif dengan meningkatkan skill di dunia kuliner halal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak pada pemberdayaan RGI Kelas Kuliner Halal Yogyakarta pada peningkatan ekonomi alumni. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan. yang diutarakan Jim Ife. Pemberdayaaan memiliki dua konsep yang sangat erat yakni, power ("daya") dan konsep disadvantaged ("ketimpangan"). Tujuannya untuk memberikan kekuatan kepada masyarakat yang mengalami ketimpangan sehingga membentuk kesetaraan baik sosial, ekonomi, budaya, maupun politik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Hasil dari penelitian ini bahwa dampak pemberdayaan yang diberikan RGI Kelas Kuliner Halal kepada alumni adalah semua alumni mendapatkan pekerjaan dan dapat membangun usaha. RGI Kelas Kuiner Halal juga membantu alumni dalam menghindari kondisi pengangguran, sehingga alumni dapat membantu perekinomian keluarga. Akan tetapi peningkatan ekonomi tak dirasakan semua alumni. Hal ini disebabkan karena adanya faktor pandemi yang sedang terjadi sehingga membuat usaha kuliner yang dibangun oleh alumni sempat berhenti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yayan Suryana, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Alumni, RGI, dan Kuliner Halal
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 13:40
Last Modified: 17 Jan 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum