STRATEGI MENUMBUHKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) MELALUI MUATAN MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA BLENDED LEARNING DI KELAS IV SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MUNTILAN

Kurnia Esti Wulansari, NIM.: 17104080050 (2021) STRATEGI MENUMBUHKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) MELALUI MUATAN MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA BLENDED LEARNING DI KELAS IV SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENUMBUHKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) MELALUI MUATAN MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA BLENDED LEARNING DI KELAS IV SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MUNTILAN)
17104080050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENUMBUHKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) MELALUI MUATAN MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA BLENDED LEARNING DI KELAS IV SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MUNTILAN)
17104080050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada Masa Covid-19 yang melibatkan peserta didik melaksanakan pembelajaran daring menjadikan menurunnya tingkat Emotional Quotient (EQ). Emotional Quotient tidak hanya berlaku untuk peserta didik, akan tetapi berlaku juga untuk orangtua yang mendampingi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah atau daring. Emotional Quotient (EQ) pada umumnya dilakukan oleh orangtua serta peserta didik ketika melampiaskan emosinya sesuka hati tanpa pengendalian yang terarah. Oleh karena itu, sekolah memberlakukan kebijakan mengenai sistem pembelajaran yang bersifat Blended Learning untuk menumbuhkan kembali Emotional Quotient (EQ) peserta didik. Tak lupa juga, dalam melaksanakan sebuah kebijakan terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengungkapkan strategi menumbuhkan Emotional Quotient (EQ) melalui muatan materi IPS dalam pembelajaran tematik secara Blended Learning di kelas IV SD. 2) mengungkapkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menumbuhkan Emotional Quotient (EQ) di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif analitik. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti merupakan instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verfikasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk menumbuhkan Emotional Quotient (EQ) melalui materi IPS dalam pembelajaran tematik secara Blended Learning ialah (1) mengajarkan nilai-nilai budaya setempat dimana anak bertempat tinggal, (2) mengenali dahulu emosi anak yang menonjol, (3) mengajarkan pada anak ekspresi emosi apa yang dapat diterima oleh lingkungan, (4) para guru menunjukkan perilaku yang dapat diimitasi oleh anak secara langsung. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menumbuhkan Emotional Quotient yaitu (1) faktor Psikologis, (2) faktor Pelatihan emosi, (3) faktor pendidikan, (4) tempramen yang dimiliki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Emotional Quotient, Blended Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: Psikologi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:19
Last Modified: 17 Jan 2022 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum