PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD

Khurotul Aen, NIM.: 17104080067 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD)
17104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD)
17104080067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD, (2) bagaimanakah kelayakan pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan model 4D terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancagan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dissemination). Instrument yang digunakan berupa angket dengan skala Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sedangkan skala Guttman digunakan untuk mengetahui penilaian guru kelas V MI/SD dan respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD berdasarkan dari ahli media mendapat skor presentase 93,65%, ahli materi menunjukan skor presentase 92,7%, ahli bahasa menunjukkan skor presentase 92,7% dan guru kelas V MI/SD menunjukkan skor presentase 100%. Semua hasil dari para ahli dan guru kelas masuk ke dalam kategori sangat layak digunakan. Sedangakan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 100% dengan kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Media Pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD” yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kartu Kode QR, Pembelajaran IPS.
Subjects: Ilmu Sosial
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:25
Last Modified: 17 Jan 2022 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum