OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SDN GEDANGAN 1 KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dhewi Nur Atiqoh, NIM.: 17104090083 (2021) OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SDN GEDANGAN 1 KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SDN GEDANGAN 1 KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
17104090083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SDN GEDANGAN 1 KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
17104090083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas peserta didik ditentukan bagaimana realisasi dari implementasi pengelolaan sumber daya manusia di sekolah tersebut. Akan tetapi, tidak sedikit lembaga pendidikan yang dalam mengimplementasikan manajemen sumber daya manusia masih kurang optimal seperti rendahnya produktivitas pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan prestasi di SDN Gedangan 1 Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul dan faktor pendukung dan penghambat serta hasil upaya optimalisasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, objek dalam penelitian ini ialah SDN Gedangan 1 Gedangsari terkait optimalisasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan prestasi sekolah di SDN Gedangan 1 Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunug Kidul. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta menarik kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen sumber daya manusia di SDN Gedangan 1 Gedangsari sudah dilaksanakan dengan baik yang meliputi : (1). Perencanaan dan pengadaan pegawai dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul. (2). Pembinaan dan Pengembangan Pegawai dilakukan melalui KKG, diklat, workshop, supervisi, dan rapat. (3). Promosi dan pemberhentian pegawai pernah terjadi karena kemauan sendiri dengan tujuan meningkatkan karir. (4). Kompensasi dilakukan secara finansial telah diatur oleh peraturan pemerintah. (5). Penilaian Pegawai dilakukan dengan memerhatikan tingkat ketercapaian sasaran kerja pegawai pada tahun yang bersangkutan dan tingkat profesionalitas pegawai dalam menjalankan tugas sehari-hari. Faktor pendukung yaitu adanya motivasi dan etos kerja yang tinggi serta budaya kerja yang baik. Faktor penghambat yaitu pendidik dan tenaga kependidikan masih kurang memahami dalam hal teknologi. Hasil implementasi optimalisasi manajemen sumber daya manusia bahwa dalam meningkatkan prestasi sekolah bukan sekedar memprioritaskan kepintaran berpikir atau dikenal IQ, melainkan lebih ditekankan pada pendidikan karakter (EQ) dan peningkatan spiritual (SQ) dan juga SDN Gedangan 1 Gedangsari bersama seluruh warga sekolah mampu menjaga eksistensi sekolah dengan baik dibuktikan dengan beberapa tahun terakhir sekolah berakreditasi A dan tidak pernah kekurangan murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Manajemen, Sumber Daya Manusia, Prestasi Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 15:12
Last Modified: 17 Jan 2022 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum