PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS KEPALA PIMPINAN YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH RIAU)

Ria Noviatun, NIM.: 17104090070 (2021) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS KEPALA PIMPINAN YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH RIAU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS KEPALA PIMPINAN YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH RIAU))
17104090070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI KASUS KEPALA PIMPINAN YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH RIAU))
17104090070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif yang dilatar belakangi oleh gaya kepemimpinan pemimpin memegang kunci utama dalam tercapainya tujuan dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antar variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Istiqomah dengan metode sampling total yang mengambil jumlah populasi secara keseluruhan sebanyak 31 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan (X), sedangkan variabel dependen berupa kinerja karyawan (Y) dan kepuasan kerja (Z) menjadi variabel kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) serta dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan dari hasil uji regresi sederhana memperoleh hasil terdapat pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan (X) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan bukti nilai koefisien korelai yang dihasilkan 0,429 yang berada pada taraf cukup, dan dengan nilai signifikansi diperoleh nilai 0,016 yang lebih kecil dari α= 0,05 yang berarti dalam hal ini Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Sedangkan dari hasil perbandingan antara koefisien korelasi dengan koefisien korelasi parsial diperoleh ryx > ryx.z = 0,429 > 0,081. Adapun hasil dari analisis regresi ganda menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel gaya kepemimpinan (X) dan variabel kinerja karyawan (Y) yang dikontrol oleh kepuasan kerja (Z) adalah 0,081 yang terletak pada interval 0,000-0,199 dalam kategori sangat lemah. Hasil korelasi parsial tersebut tidak signifikan dikarenakan nilai signifikansinya lebih besar dari α= 0,05. Persamaan regresi ganda yaitu Y = 33.054X + 0,081X + 0,429X. Dengan demikian, berdasarkan dari hasil yang muncul dalam analisis bahwa variabel kepuasan kerja (Z) dalam penelitian ini tidak mampu menjadi variabel kontrol antara gaya kepemimpinan (X) yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Dalam hal ini Ho2 diterima dan Ha2 ditolak. Dapat dikatakan yang dapat menjadi variabel kontrol dalam penelitian ini adalah pengabdian dari seorang karyawan atau para ustadz/ustadzah yang ada di Pps Darul Istiqomah. Karena sebuah pengabdian di lembaga Pondok Pesantren lebih mendominasi dibandingkan dengan kepuasan kerja karyawannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Kepemimpinan Dalam Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 15:09
Last Modified: 17 Jan 2022 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum