IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL SEKOLAH

Atul Inayah, NIM.: 17104090068 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL SEKOLAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL SEKOLAH)
17104090068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL SEKOLAH)
17104090068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap lembaga pendidikan berkesempatan untuk menjadi lembaga yang berkualitas dan banyak diminati. Dalam pemasaran jasa pendidikan, pengeloaan menjadi faktor penentu jumlah peserta didik. Oleh karena itu perlu formula baru dalam pengelolaan bidang pemasaran untuk bisa mempertahankan eksitensi di masyarakat. SMA Negeri 1 Kersana mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun 2015 sampai saat ini menjadi sekolah yang banyak peminatnya. Berangkat dari hal tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut terkait manejemen pemasaran jasa pendidikan di SMA Negeri 1 Kersana khusunya terkait strategi pemasarannya serta upaya dalam mempertahankan nilai jual nya dan sekaligus faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemasaran jasa yang dilakukan SMA Negeri 1 Kersana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dilaksanakan secara indepth interviews dan didasarkan pada kriteria 3M yaitu orang yang mengalami, memahami dan mengetahui. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, guru dan siswa SMA Negeri 1 Kersana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) SMA Negeri 1 Kersana menggunakan strategi marketing mix 7P. Product yang ditawarkan adalah lulusan yang siap untuk lanjut perguruan tinggi dan siap untuk bekerja serta lulusan yang memiliki akhlak yang baik. Price yang ditawarkan sangat terjangkau, tidak ada pembayaran SPP maupun sumbangan Gedung. Place yang disediakan sangat strategis, dapat ditempu dengan rata-rata waktu tempuh 15 menit. Promotion menggunakan media online dan offline, berosisalisasi dengan datang langsung ke SMP/MTs yang dilakukan langsung oleh anak OSIS sedangkan secara online lewat media social facebook dan Instagram. People yang tersedia sangat professional dan berkompeten Physical evidence yang disediakan lengkap, kelas yang memadai dan dilengkapi dengan kipas angin, cctv dan dispenser. Process pembelajaran menerapkan system full day school. 2) Upaya yang dilakukan SMA Negeri 1 Kersana membangun image positif yang di barengi dengan kegiatan yang melibatkan masyarakat serta kegiatan yang berorientasi pada prestasi. 3) SMA Negeri 1 Kersana didukung dengan lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap dan murah serta tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten. Faktor penghambat, terbatasnya dana yang boleh digunakan untuk mendukung branding sekolah, faktor eksternal seperti kompetitor SMK, serta kebijakan jalur zonasi mengakibatkan jumlah peminat yang tinggi dari luar kecamatan namun terhalang jarak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Nilai Jual Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 15:05
Last Modified: 17 Jan 2022 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum