MANAJEMEN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL (STUDI KASUS UKK PRAMUKA IAIN KUDUS JAWA TENGAH)

Ahmad Faizun Hakim, NIM.: 17104090059 (2021) MANAJEMEN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL (STUDI KASUS UKK PRAMUKA IAIN KUDUS JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL (STUDI KASUS UKK PRAMUKA IAIN KUDUS JAWA TENGAH))
17104090059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL (STUDI KASUS UKK PRAMUKA IAIN KUDUS JAWA TENGAH))
17104090059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari keresahan peneliti terkait pendidikan karakter yang ada di pendidikan formal pelaksanaannya kurang maksimal karena terlalu berorientasi pada pengembangan hard skill yang lebih bersifat mengembangkan intellegence quotient (IQ) namun kurang mengembangkan kemampuan soft skill yang tertuang dalam emotional intellegence (EQ) dan spiritual intellegence (SQ). Menjawab persoalan tersebut, diperlukan kegiatan Pramuka yang sejatinya memiliki tujuan membentuk karakter. Dalam hal ini, karakter peduli sosial menjadi perhatian peneliti karena lagi dalam masa pendemi dan bencana alam sehingga banyak orang yang membutuhkan uluran tangan. Agar kegiatan Pramuka lebih terorganisir dibutuhkan proses manajemen yang sistematis dan terstruktur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran manajemen kegiatan Pramuka dalam membentuk karakter peduli sosial yang bertempat di UKK Pramuka IAIN Kudus Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini merupakan ketua, pengurus dan anggota pramuka. Pengambilan sampel pada penelitian ini didasarkan pada kriteria 3M yaitu mengetahui, memahami, dan mengalami. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen dalam membentuk karakter peduli sosial berlangsung sistematis dan terstruktur. Terbukti dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan berjalan sesuai dengan hasil rapat kerja. Tahap pembentukan karakter peduli sosial melalui penerapan moral knowing, moral feeling dan moral action yang disisipkan dalam serangkaian kegiatan. Adapun nilai-nilai yang tertanam dalam kepedulian sosial meliputi tolong-menolong, tenggang rasa, toleransi, aksi sosial dan berahklak mulia. Faktor pendukung manajemen kegiatan Pramuka dalam membentuk karakter peduli sosial berupa konsep kegiatan menarik dan solidaritas antar anggota Pramuka. Sedangkan faktor penghambatnya berupa perubahan pelaksanaan kegiatan dan kesibukan anggota dikarenakan mengikuti beberapa organisasi selain Pramuka, sehingga berdampak turunnya loyalitas terhadap organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pramuka, Karakter Peduli Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Sosial, Relasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 15:03
Last Modified: 17 Jan 2022 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum