ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON PESERTA DIDIK PADA MASA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 SUKOHARJO

Aldila Balqis Nurcahyo, NIM.: 17104090048 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON PESERTA DIDIK PADA MASA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON PESERTA DIDIK PADA MASA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 SUKOHARJO)
17104090048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON PESERTA DIDIK PADA MASA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 SUKOHARJO)
17104090048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap kurangnya minat calon peserta didik saat madrasah mengalami masa stagnasi dan saat ini MIN 5 Sukoharjo sedang berkembang untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran jasa pendidikan menggunakan teori bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process di MIN 5 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan latar belakang kasus di MIN 5 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam perencanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh MIN 5 Sukoharjo yaitu: pembentukan panitia PPDB yang terdiri dari guru-guru dan karyawan, menentukan waktu, tempat, dan target strategi pemasaran, serta menentukan alat atau media promosi dalam kegiatan. Berdasarkan segmentasi yang dilakukan oleh MIN 5 Sukoharjo, langkah selanjutnya adalah targeting dan kemudian positioning. (2) implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan MIN 5 Sukoharjo yang kedua dengan menetapkan bauran pemasaran yaitu a) product yang ditawarkan adalah memberikan ilmu pendidikan, mengajarkan kecakapan hidup, serta meningkatkan produktivitas peserta didik yang didukung dengan adanya kegiatan islami, kegiatan peduli lingkungan, serta prestasi-prestasi yang sudah diraih. b) price yang ditawarkan adalah penentuan biaya berdasarkan kesepakatan bersama orang tua/wali. c) place yang cukup strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. d) promotion dilakukan melalui media massa dan kegiatan yang diciptakan madrasah berguna untuk memperkenalkan sekolah. e) people/SDM yang ditekankan memiliki komitmen, loyalitas, kreatifitas, dan profesionalitas. f) physical evidence yang dimiliki berupa sarana sudah memadai. g) process pemasaran jasa pendidikan dan kegiatan pembelajaran berjalan efektif dengan memanfaatkan fasilitas sekolah. (3) mengevaluasi seluruh rangkaian dari perencanaan sampai dengan implementasi untuk mengetahui program yang dipertahankan dan program yang harus segera diperbaiki atau di hapus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan, Teori Bauran Pemasaran, Meningkatkan Minat, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:56
Last Modified: 17 Jan 2022 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum