STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM GIAT PRESTASI MASEMBA (GPM) ERA COVID-19 DI MTsN 9 BANTUL D.I. YOGYAKARTA

Fatul Ikayah, NIM.: 17104090017 (2021) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM GIAT PRESTASI MASEMBA (GPM) ERA COVID-19 DI MTsN 9 BANTUL D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM GIAT PRESTASI MASEMBA (GPM) ERA COVID-19 DI MTsN 9 BANTUL D.I. YOGYAKARTA)
17104090017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PROGRAM GIAT PRESTASI MASEMBA (GPM) ERA COVID-19 DI MTsN 9 BANTUL D.I. YOGYAKARTA)
17104090017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis untuk mengkaji lebih dalam tentang strategi-strategi apa yang digunakan kepala madrasah MTsN 9 Bantul Yogyakarta dengan implementasinya dalam proses pendidikan, sehingga madrasah menjadi unggul dan berprestasi terlebih selama masa Covid-19 ini. Peneliti juga melihat ada berbagai keunggulan dan keunikan yang diimplementasikan salah satunya program unggulan Giat Prestasi Masemba (GPM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas dan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Metode olah data dan analisis data peneliti berdasarkan handout metopen Rinduan Zain menyebutkan bahwa menurut Miles dan Huberman metode ini menggunakan empat langkah yaitu: Transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, beberapa tim program Giat Prestasi Masemba (GPM) dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk strategi kepemimpinan kepala madrasah MTsN 9 Bantul dalam program Giat Prestasi Masemba (GPM), dengan mensukseskan program-program yang ada didalamnya (akademik, nonakademik dan tahfidz). Untuk menjunjang tiga inti program ini madrasah membentuk KBM intra dan ekstra riset. Pengelompokan kelas ini bertujuan untuk memudahkan siswa agar lebih fokus terhadap kemampuannya terkait bakat dan minat. 2) Implementasi program Giat Prestasi Masemba (GPM) selama masa pandemi Covid-19 yakni, dilakukannya Pembelajaran Berbasis Projek atau Project Based Learning. Program ini mengintegrasikan beberapa pelajaran menjadi satu kegiatan. MTsN 9 Bantul mengintegrasikan empat belas pelajaran menjadi satu kegiatan. Jika siswa dapat menghasilkan satu project otomatis siswa mendapatkan nilai dari empat belas pelajaran yang sudah digabungkan tersebut. 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam program Giat Prestasi Masemba Era Covid-19. Diantaranya faktor pendukungnya adalah semangat, motivasi dan antusias siswa. Sedangkan faktor penghambat dari terbatasnya kendaraan pribadi, biaya mahal dan kurangnya referensi. 4) Hasil dari program Giat Prestasi Masemba (GPM) MTsN 9 Bantul selama Era Covid-19 ini telah menghasilkan 21 prestasiprestasi baik prestasi kelembagaan, kepala sekolah, guru maupun siswa di tingkat nasional maupun internasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Program Pembelajaran, Covid-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 14:49
Last Modified: 17 Jan 2022 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum