PENGARUHPEMBERIAN PUPUK KOMPOS BERBAHAN SEKAM KOPI, KULIT PISANG, DAN FESES KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCHOY (BRASSICA LAPA L.)

Banatun Sururoh, NIM.: 16640029 (2021) PENGARUHPEMBERIAN PUPUK KOMPOS BERBAHAN SEKAM KOPI, KULIT PISANG, DAN FESES KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCHOY (BRASSICA LAPA L.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
16640029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
16640029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman sawi pakchoy (Brassica rapa L.) merupakan komoditas yang memiliki nilai komersial tinggi, sehingga perlu adanya peningkatan pertumbuhan tanaman sawi pakchoy. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pertumbuhan adalah aplikasi penggunaan pupuk. Pupuk kompos yang berbahan dasar sekam kopi, kulit pisang, dan feses kambing mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanah seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) yang berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman serta memperbaiki sifat kimiawi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kompos berbahan sekam kopi, kulit pisang dan feses kambing terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakchoy dan presentase pupuk kompos yang paling optimal. Dalam penelitian ini menggunakan RAL dengan 1 faktor yaitu kompos berbahan sekam kopi, kulit pisang dan feses kambing dengan presentase (P1) 30%, (P2) 50%, dan (P3) 70%. Hasil menunjukkan bahwa pupuk kompos memberikan pengaruh yang signifikan terhadap panjang akar yaitu sebesar 9,317 cm dan berat basah tanaman sawi yaitu sebesar 9,83 g. Sedangkan untuk presentase pupuk kompos yang paling optimal yaitu pada presentase P1 (30%) seberat 0,6 kg pupuk 1,4 kg tanah. Keyword: sawi pakchoy, pupuk kompos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: tanaman; sawi pakchoy
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:53
Last Modified: 18 Jan 2022 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum