PEMBACAAN SURAT WAQIʻAH KUBRO DALAM TRADISI WAQIʻAHAN (Kajian Living Qur’an di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik)

Ahmad Nur Ulinnuha, NIM.16530067 (2021) PEMBACAAN SURAT WAQIʻAH KUBRO DALAM TRADISI WAQIʻAHAN (Kajian Living Qur’an di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN SURAT WAQIʻAH KUBRO DALAM TRADISI WAQIʻAHAN (Kajian Living Qur’an di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik))
16530067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN SURAT WAQIʻAH KUBRO DALAM TRADISI WAQIʻAHAN (Kajian Living Qur’an di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik))
16530067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Waqiʻahan biasanya dilakukan dengan membaca surat al-Waqiʻah saja. Akan tetapi di Desa Bungah Kec. Bungah Kab. Gresik dilakukan dengan membaca surat waqiʻah kubro yang merupakan surat al-Wa>qiʻah yang diberi beberapa macam tambahan, yaitu tambahan bacaan seperti salawat, zikir, dan doa di dalamnya dan beberapa ayat yang dibaca berulang sebanyak 14 kali. Oleh karena itu, Penelitian ini membahas tentang praktik pembacaan surat waqiʻah kubro dalam tradisi waqiʻahan di Desa Bungah Kec. Bungah Kab. Gresik dan makna yang terkandung di dalam praktik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi waqiʻahan merupakan suatu amaliah yang dilakukan setiap hari rabu yang merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara membaca surat waqiʻah kubro karangan Syekh Abdul Qadir Jaelani sebagai bentuk wasilah terhadap wali Allah. Tradisi ini didapatkan dengan proses ijazah dari Kiai. Waqiʻahan yang berlangsung di Desa Bungah dilaksanakan dengan dimulai pembacaan surat al-Fa>tihah sebanyak tiga kali yang ditujukan kepada beberapa pihak, kemudian membaca surat al-Isra> ayat 81 sebanyak 14 kali, kemudian membaca surat waqiʻah kubro, kemudian membaca ayat Alla>humma ijmaʻ baini> wabainal amwa>li wal arza>q sebanyak 14 kali, kemudian membaca surat Ali Imrān ayat 9 sebanyak 14 kali, kemudian membaca surat as-s{a>f ayat 13 sebanyak 14 kali, kemudian membaca surat al-Anfa>l ayat 17 sebanyak 14 kali. Kemudian diakhiri dengan pembacaan tahlil dan doa. Adapun makna pelaksanaan pembacaan surat waqiʻah kubro dalam tradisi waqiʻahan ini dilihat dengan menggunakan teori antropologi interpretatatif Clifford Geertz. Melalui teori ini dapat disimpulkan bahwa di dalam tradisi waqiʻahan terdapat beberapa simbol. Simbol-simbol tersebut yakni surat waqiʻah kubro, tawasul kepada Syekh Abdul Qadir Jaelani, serta hari rabu. Simbol-simbol tersebut kemudian menciptakan sebuah motivasi yang dapat mendorong masyarakat untuk melakukan tradisi waqiʻahan dan memunculkan sebuah perasaan dalam diri seseorang sehingga dapat mengenal konsep keistimewaan al-Qur’ān dan kemulian ulama yang diyakini mempunyai ultimate meaning untuk mendapatkan keuntungan seperti pahala, keselamatan, dan surga. Konsep tersebut bersumber dari al-Qur’ān dan hadis yang dapat menciptakan pancaran-pancaran faktual dan mempunyai sifat yang nyata dan benar-benar terjadi dalam kehidupan. Pada akhirnya, tardisi ini menjadi sesuatu yang unik dan terlihat realistis, karena konsep-konsep yang ada menjadiakan tradisi ini berkesinambungan dengan kehidupan masyarakat Desa Bungah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aida Hidayah, S.Th.I., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Surat Waqi'ah Kubro, tradisi Waqi'ahan, Desa Bungah Gresik
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:51
Last Modified: 18 Jan 2022 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum