PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP

Izza Kamilah, NIM.: 17106070013 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP)
17106070013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP)
17106070013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Interaksi antara aktivitas manusia dan lingkungan sangat mempengaruhi kondisi suatu lingkungan, sehingga sikap peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak dini. Integrasi permasalahan lingkungan ke dalam materi pembelajaran adalah salah satu cara menanamkan sikap peduli lingkungan. Permasalahan lingkungan yang disajikan dalam pembelajaran akan menuntut peserta didik untuk mengamati dan mempelajari keadaan lingkungan sekitar sehingga dapat menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas modul materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan), namun hanya dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat orang reviewer (pendidik kimia SMA/MA). Produk di respon oleh sepuluh peserta didik MIPA Kelas XI SMA/MA. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase keidealan 87,7% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapat persentase keidealan 98% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil penilaian kualitas produk oleh reviewer (pendidik kimia SMA/MA) mendapat persentase keidealan 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 96,4%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangangan, Modul Kimia, Wawasan Lingkungan Hidup, Hidrokarbon, Minyak Bumi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 09:57
Last Modified: 18 Jan 2022 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum