PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ASAM BASA

Heni Prasetiowati, NIM.: 17106070015 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ASAM BASA)
17106070015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ASAM BASA)
17106070015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah, salah satunya di bidang kimia. Materi kimia yang sering disampaikan kurang intensif dan berpusat pada teori dan perhitungan adalah asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul petunjuk praktikum berbasis kontekstual pada materi asam basa dan mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, reviewer (guru kimia SMA/MA), dan respon peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahapan define, design, develop, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer, serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XII. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran A4 berisi petunjuk praktikum pada materi asam basa berbasis kontekstual. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 96,00% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 93,33% (Sangat Baik), penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan persentase 94,05% (Sangat Baik), dan penilaian respon peserta didik mendapatkan persentase 93,33% (Sangat Baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk layak digunakan sebagai alternatif sumber pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar kontekstual peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul Petunjuk Praktikum, Kontekstual, Asam Basa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:06
Last Modified: 18 Jan 2022 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum