ANALISIS DESAIN PRAKTIKUM KIMIA SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK SMA/MA BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL

Nadya Agnes Ayu Setyawati, NIM.: 17106070028 (2021) ANALISIS DESAIN PRAKTIKUM KIMIA SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK SMA/MA BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DESAIN PRAKTIKUM KIMIA SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK SMA/MA BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL)
17106070028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DESAIN PRAKTIKUM KIMIA SEDERHANA BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK SMA/MA BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL)
17106070028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum merupakan salah satu kegiatan penting dalam pembelajaran kimia di sekolah. Kegiatan praktikum di sekolah biasanya di lakukan di dalam laboratorium. Terbatasnya kegiatan praktikum di sekolah yang hanya dilakukan di laboratorium ini mengakibatkan sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan seperti belum adanya laboran, laboratorium yang belum memadai, dan lain-lain mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan praktikum. Praktikum kimia sederhana berbasis bahan alam merupakan salah satu solusi bagi pembelajaran kontekstual dengan kegiatan praktikum yang dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator capaian kompetensi beberapa materi kimia berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2018 sehingga diperoleh keterkaitan antara materi pembelajaran dengan praktikum, menyusun desain praktikum kimia sederhana berbasis bahan alam di lingkungan sekitar, dan analisis kelayakan desain praktikum kimia sederhana berbasis bahan alam bagi pembelajaran kimia kontekstual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Identifikasi kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator capaian kompetensi menggunakan metode studi literatur. Penyusunan desain praktikum kimia sederhana berbasis bahan alam dilakukan dengan metode observasi dan eksperimen. Analisis kelayakan desain praktikum kimia sederhana dilakukan dengan metode wawancara dan studi literatur yang meliputi aspek pedagogik, aspek teknik, aspek finansial, dan aspek sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa materi kimia SMA memiliki keterkaitan dengan praktikum yaitu materi larutan penyangga, asam dan basa, sifat koligatif larutan, polimer, reaksi redoks, dan materi laju reaksi. Desain praktikum kimia sederhana berbasis bahan alam dibagi menjadi beberapa tahapan dimana dalam setiap tahapan tersebut dapat berkesinambungan dengan capaian pembelajaran materi kimia. Berdasarkan analisis kelayakan desain praktikum kimia sederhana yang ditinjau dari beberapa aspek dapat digunakan sebagai salah satu alternatif kegiatan praktikum dalam pembelajaran kimia kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kimia Kontekstual, Desain Praktikum Sederhana, Bahan Alam
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:11
Last Modified: 18 Jan 2022 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum