PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI SMA/MA

Nur Isnaini Dita Ramdhani, NIM.: 17106070031 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI SMA/MA)
17106070031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI SMA/MA)
17106070031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi dimana jumlah penduduk produktif lebih banyak dibandingkan dengan penduduk yang tidak produktif. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya dalam mempersiapkan generasi emas pada bonus demografi. Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk belajar dengan pendekatan saintifik yang mengutamakan kreativitas dan temuan siswa. Strategi pembelajaran kurikulum 2013 juga mengarahkan siswa agar mampu menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat. Bantuan dari guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran tersebut. Namun bantuan yang diberikan harus semakin berkurang sesuai dengan usia dan kemampuan siswa agar siswa menjadi pembelajar yang mandiri. Pemberian bantuan secara berkala tersebut dapat ditemukan pada pembelajaran scaffolding. Praktek pembelajaran scaffolding membutuhkan skenario dan perencanaan yang matang agar dapat berjalan efektif. Salah satu materi dalam kimia yang dianggap sulit adalah laju reaksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis scaffolding pada materi laju reaksi dan menganalisis kelayakannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (four-D) yang dimodifikasi. Model pengembangan tersebut terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan dalam penelitian ini. Produk ditinjau oleh tiga peer reviewer, divalidasi oleh dua dosen ahli dan tiga guru kimia SMA, serta direspon oleh sepuluh orang peserta didik. Penilaian kelayakan produk dilakukan menggunakan lembar validasi dan lembar penilaian kelayakan produk. Analisis data dilakukan dengan metode analisis koefisien Aiken‟s V. Penelitian ini menggunakan 4 kategori rating dengan 5 rater. Berdasarkan kategori rating dan rater tersebut, produk akan diterima apabila koefisien validitas mencapai nilai minimal 0,87 dengan probabilitas 0,021. Data respon peserta didik diambil menggunakan angket respon peserta didik skala Guttman. Produk yang dikembangkan merupakan media pembelajaran cetak berukuran A4 yang berisi ringkasan materi laju reaksi, tugas, contoh soal, dan praktikum yang dilengkapi dengan beberapa scaffold (bantuan). Produk dinyatakan valid oleh validator dengan nilai koefisien Aiken‟s V rata-rata sebesar 0,93. Produk direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Karmanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Scaffolding, Laju Reaksi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:14
Last Modified: 18 Jan 2022 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum