PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KELURAHAN GLAGAH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO PASCA PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA)

Faradila Winda Lestari, NIM. 16540046 (2021) PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KELURAHAN GLAGAH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO PASCA PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KELURAHAN GLAGAH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO PASCA PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA))
16540046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KELURAHAN GLAGAH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO PASCA PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA))
16540046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan sarana dan prasarana transportasi udara di Yogyakarta. Pasca pembangunan bandara tersebut, masyarakat dituntut mengadaptasikan diri dengan perubahan lingkungannya. Salah satu kelompok yang merasakan perubahan tersebut adalah masyarakat Kelurahan Glagah. Penelitian ini menjadi menarik untuk diteliti dikarenakan adanya perubahan tidak hanya terjadi pada struktur sosial dan ekonomi masyarakat, melainkan terdapat bentuk perubahan sosial keagamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sumber data primer wawancara dan observasi terhadap masyarakat terdampak pembangunan YIA di Kelurahan Glagah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis dan menggunakan teknik snowball sampling dan memperoleh tujuh narasumber pertama yaitu perangkat Kelurahan Glagah, kemudian diarahkan kepada Penanggung Jawab Kepala Padukuhan Sangkertan dan Lohgede, setelah data lapangan yang diperoleh di Kelurahan, kemudian perangkat Kelurahan mengarahkan untuk menemui tokoh masyarakat, dan warga Kelurahan Glagah. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial Weber untuk menganalisa perubahan sosial dan keagamaan masyarakat, . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Dalam analisis teori tindakan sosial Weber, perubahan sosial keagamaan yang terjadi pada masyarakat Glagah terbagi menjadi 4 bagian, yaitu, (a), tindakan rasional instrumental meliputi peralihan sumber pendapatan utama, desakralisasi nilai-nilai tradisional, modernisasi institusi keagamaan, serta migrasi yang dilakukan oleh masyarakat kontra. (b), tindakan rasional berorientasi nilai, meliputi peningkatan kualitas dan kuantitas ritual keagamaan. (c), tindakan rasional tradisional meliputi keinginan kelompok kontra untuk mempertahankan tanah warisan dan makam leluhur. (d), tindakan rasional afektif meliputi pengelompokan warga dalam menjalankan interaksi sosialnya, dan adu gengsi mengenai kepemilikan harta diantara sesama warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rr. Siti Kurnia, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial Keagamaan, Yogyakarta International Airport (YIA). Kelurahan Glagah.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:52
Last Modified: 18 Jan 2022 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum