INTERAKSI KEAGAMAAN DALAM GRUP WHATSAPP KELUARGA (STUDI GRUP WHATSAPP KELUARGA BESAR SUGIMAN) Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Strata Satu Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh: Frandiansyah Oktavia Aldi Putra 17105040008 PROGRAM STUDI SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2021

Frandiansyah Oktavia Aldi Putra, NIM. 17105040008 (2021) INTERAKSI KEAGAMAAN DALAM GRUP WHATSAPP KELUARGA (STUDI GRUP WHATSAPP KELUARGA BESAR SUGIMAN) Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Strata Satu Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh: Frandiansyah Oktavia Aldi Putra 17105040008 PROGRAM STUDI SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI KEAGAMAAN DALAM GRUP WHATSAPP KELUARGA (STUDI GRUP WHATSAPP KELUARGA BESAR SUGIMAN) Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Guna Mem)
17105040008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI KEAGAMAAN DALAM GRUP WHATSAPP KELUARGA (STUDI GRUP WHATSAPP KELUARGA BESAR SUGIMAN) Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Guna Mem)
17105040008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil dalam lingkungan masyarakat. Dikarenakan adanya kebutuhan akan interaksi dan komunikasi dalam keluarga maka salah satu anggota keluarga mendorong untuk membuat grup yang bisa menampung interaksi dan komunikasi antar anggota keluarga yang disebut grup WhatsApp keluarga. Anggota keluarga juga mengekspresikan interaksi tersebut berkaitan dengan agama seperti mengingatkan, medoakan, memaafkan, dan memberikan ucapan semangat untuk beribadah yang juga mereka butuhkan dari anggota keluarga lainnya sebagai lingkungan masyarakat terdekatnya. Dari hal tersebut menarik peneliti untuk mengkaji lebih dalam interaksi keagamaan yang terjadi dalam salah satu grup WhatsApp di Yogyakarta yaitu grup WhatsApp keluarga besar Sugiman. Penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif dan merupakan penelitian lapangan yang bersifat daring/online, untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap 3 anggota dalam grup WhatsApp keluarga besar Sugiman. Data yang didapatkan dianalisis melalui tiga tahapan. Yaitu reduksi atau penyederhanaan data dari grup WhatsApp keluarga besar Sugiman dan wawancara terhadap anggotanya, penyajian data atau menyusun data yang berupa wawancara dan observasi agar mudah dibaca, dan penarikan kesimpulan. Metode analisis data dibantu dengan teori Etnometodologi dan Netnografi untuk menjawab rumusan masalah dan memperoleh data. Berdasarkan hasil penelitian, pertama ditemukan adanya pola interaksi keagamaan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten seperti memberikan informasi agama, saling medoakan ketika ada momen tahun baru, ulang tahun, menjelang Ramadhan, dan lain sebagainya. Anggota keluarga juga pernah beropini tentang keagamaan ketika ada anggota keluarga yang terkena musibah. Kedua, adanya urgensi seperti para anggota keluarga yang cenderung sibuk menjalani aktifitas kesehariannya dan juga tidak saling berdekatan mendorong salah satu anggota keluarga yang berencana membuat grup WhatsApp keluarga sehingga hal tersebut merupakan wadah interaksi bagi para anggota keluarga besar Sugiman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ratna Istriyani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Agama, WhatsApp , dan Interaksi.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:52
Last Modified: 18 Jan 2022 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum