PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Elde Nurhida Anggaraning, NIM.: 1710608027 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
17106080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
17106080027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran biologi berupa video animasi 2D. Animasi dapat menjelaskan sesuatu yang rumit dijelaskan dengan kalimat dengan cara memvisualkan benda bergerak agar bisa tampak hidup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran biologi, serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran biologi berupa video animasi 2D pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk siswa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, dan Development. Produk media pembelajaran biologi berupa video animasi 2D dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, dan 1 guru biologi. Produk ini juga direspon oleh 15 siswa SMA kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Teknik pengambilan data dan instrumen pengumpulan data berupa angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan taknik analisis data kualitatif selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif. Telah dikembangkan dan dihasilkan produk media pembelajaran berupa video animasi 2D pada materi sistem peredaran darah manusia. Kualitas produk menurut para penilai termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan dari ahli materi 95%, ahli media 96%, guru biologi 97%, peer reviewer 96%, dan respon siswa kelas XI sebesar 95% dari total nilai maksimal 100%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Biologi, Video Animasi 2D, Sistem Peredaran Darah Manusia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:56
Last Modified: 18 Jan 2022 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum