PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS QR CODE PADA MATERI FUNGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SISWA KELAS X APHP SMKN 1 PENAWARTAMA

Salin Kunainah, NIUM.: 17106080031 (2021) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS QR CODE PADA MATERI FUNGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SISWA KELAS X APHP SMKN 1 PENAWARTAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS QR CODE PADA MATERI FUNGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SISWA KELAS X APHP SMKN 1 PENAWARTAMA)
17106080031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS QR CODE PADA MATERI FUNGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SISWA KELAS X APHP SMKN 1 PENAWARTAMA)
17106080031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kurangnya bahan ajar siswa kelas X APHP SMKN 1 Penawartama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul interaktif berbasis QR Code pada materi Fungi dan mengetahui kualitas Modul Interkatif berbasis QR Code materi Fungi pada kelas X APHP SMKN 1 Penawartama. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dibatasi tanpa implementasi, sehingga tahap pengembangan Modul Fungi berbasis QR Code, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development) dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan empat aspek, yaitu kelayakan materi, bahasa, penyajian dan kegrafikaan. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah modul interaktif berbasis QR Code pada materi Fungi sebagai bahan ajar biologi kelas X APHP SMKN 1 Penawartama berhasil dikembangkan. Kualitas modul berdasarkan presentase keidealan dari ahli materi mendapatkan sebesar 80% artinya Baik (B) dan ahli media mendapatkan sebesar 94% artinya Sangat Baik (SB). Presentase keidealan dari peer reviewer mendapatkan sebesar 92,9% artinya Sangat Baik (SB). Presentase keidealan dari guru biologi 98,1% artinya Sangat Baik (SB) dan respon siswa mendapatkansebesar 93,7% artinya Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian yang diperoleh, maka modul ini layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi materi Fungi bahan ajar siswa secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Interaktif, QR Code, Bahan Ajar Biologi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 11:03
Last Modified: 18 Jan 2022 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum