ATLAS KEANEKARAGAMAN KATAK DAN KODOK DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN GUNUNGKIDUL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Faris Choirudin, NIM.: 17106080036 (2021) ATLAS KEANEKARAGAMAN KATAK DAN KODOK DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN GUNUNGKIDUL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ATLAS KEANEKARAGAMAN KATAK DAN KODOK DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN GUNUNGKIDUL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI)
17106080036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ATLAS KEANEKARAGAMAN KATAK DAN KODOK DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN GUNUNGKIDUL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI)
17106080036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis katak dan kodok, serta mengetahui indeks keanekaragaman katak dan kodok yang penyebarannya di Kawasan Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul, mengetahui hasil identifikasi Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul, dan mengembangkan Atlas berbasis Android/Aplikasi keanekaragaman katak dan kodok (ordo anura) di Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian Keaanekaraman Katak Dan Kodok Dii Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul dengan menggunakan metode deskriptif eksploratif dan di kombinasikan dengan Visual Encounter Survey (VES) serta medode pacth untuk menentukan titik sampling dan tahap pengembangan atlas keanekaragaman katak dan kodok dengan metode pengembangan R&D menurut Borg and Gall. Penelitian keanekaragaman katak dan kodok menghasilkan 7 spesies yang terbagi dalam 5 famili dengan di tiga titik stasiun yang ada di kawasan Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul. Atlas/Aplikasi dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru biologi. Uji terbatas dilakukan oleh 30 orang siswa kelas X MIPA SMAN 1 Banguntapan Bantul. Data hasil penilaian kualitas produk diperoleh dari lembar berupa angket. Hasil penilaian ahli materi mengatakan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 89,58%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori layak dengan persentase penilaian sebanyak 82,91%, penilaian oleh guru biologi termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu 90,4%, serta penilaian dari siswa memperoleh rata-rata persentase sebanyak 86,55% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulakan bahwa Atlas berbasis Android/ Aplikasi katak dan kodok ini layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis katak dan kodok, serta mengetahui indeks keanekaragaman katak dan kodok yang penyebarannya di Kawasan Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul, mengetahui hasil identifikasi Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul, dan mengembangkan Atlas berbasis Android/Aplikasi keanekaragaman katak dan kodok (ordo anura) di Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian Keaanekaraman Katak Dan Kodok Dii Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul dengan menggunakan metode deskriptif eksploratif dan di kombinasikan dengan Visual Encounter Survey (VES) serta medode pacth untuk menentukan titik sampling dan tahap pengembangan atlas keanekaragaman katak dan kodok dengan metode pengembangan R&D menurut Borg and Gall. Penelitian keanekaragaman katak dan kodok menghasilkan 7 spesies yang terbagi dalam 5 famili dengan di tiga titik stasiun yang ada di kawasan Suaka Margasatwa Paliyan Gunungkidul. Atlas/Aplikasi dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru biologi. Uji terbatas dilakukan oleh 30 orang siswa kelas X MIPA SMAN 1 Banguntapan Bantul. Data hasil penilaian kualitas produk diperoleh dari lembar berupa angket. Hasil penilaian ahli materi mengatakan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 89,58%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori layak dengan persentase penilaian sebanyak 82,91%, penilaian oleh guru biologi termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu 90,4%, serta penilaian dari siswa memperoleh rata-rata persentase sebanyak 86,55% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulakan bahwa Atlas berbasis Android/ Aplikasi katak dan kodok ini layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Android, Atlas, Eksplorasi, Katak Dan Kodok (Ordo Anura), Keanekaragaman, Pacth, Visual Encounter Survey (VES)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2022 11:09
Last Modified: 18 Jan 2022 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum