HIJRAH INTENTION DAN KEPUASAN DALAM MODEL HUBUNGAN RELIGIOSITAS DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH: STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH DI INDONESIA

Fetria Eka Yudiana, NIM.: 1530316007 (2021) HIJRAH INTENTION DAN KEPUASAN DALAM MODEL HUBUNGAN RELIGIOSITAS DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH: STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH DI INDONESIA. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HIJRAH INTENTION DAN KEPUASAN DALAM MODEL HUBUNGAN RELIGIOSITAS DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH: STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH DI INDONESIA)
1530316007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HIJRAH INTENTION DAN KEPUASAN DALAM MODEL HUBUNGAN RELIGIOSITAS DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH: STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH DI INDONESIA)
1530316007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Loyalitas nasabah bank syariah merupakan perilaku konsumen yang sangat penting bagi keberlangsungan bank syariah. Sejumlah penelitian terdahulu menunjukkan research gap terkait model loyalitas dan pengaruh religiositas pada loyalitas nasabah. Untuk mengisi gap dalam penelitian-penelitian sebelumnya, penelitian ini menawarkan variabel baru, hijrah intention, sebagai variabel mediasi pada model loyalitas nasabah bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengonstruksi definisi dan operasionalisasi variabel hijrah intention; (2) menganalisis pengaruh langsung variabel religiositas, kepuasan dan hijrah intention terhadap loyalitas nasabah bank syariah; (3) menganalisis peran mediasi kepuasan dan hijrah intention pada relasi antara religiositas dan loyalitas nasabah bank syariah; (4) menganalisis peran mediasi hijrah intention pada relasi antara religiositas dan kepuasan nasabah bank syariah. Penelitian disertasi ini menggunakan mixed methods dengan pendekatan campuran sekuensial eksploratori (exploratory sequential mixed methods) yang terdiri dari dua fase, yaitu fase 1 (kualitatif) dan fase 2 (kuantitatif). Dari populasi seluruh nasabah bank syariah di Indonesia, 360 responden telah diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik convenience sampling. Untuk mendapatkan data primer digunakan teknik wawancara (fase 1) dan kuesioner (fase 2). Pada fase 1, instrumen variabel hijrah intention diuji validitasnya dengan membandingkan nilai r hitung dengan r tabel untuk degree of freedom (df) = n -2, dan reliabilitasnya dengan uji statistik cronbach alpha (α) menggunakan software SPSS. Pada fase 2, uji validitas dan reliabilitas indikator konstruk dan hubungan antarkonstruk dilakukan dengan menggunakan convergent validity, discriminant validity, dan composite reliability. Hipotesis dan model penelitian dianalisis dengan Structural Equational Modeling (SEM) berbasis component dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) hijrah intention berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan; (2) hijrah intention berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas; (3) kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas; (4) religiositas berpengaruh positif signifikan terhadap hijrah intention (5) religiositas tidak berpengaruh terhadap kepuasan; (6) religiositas berpengaruh negatif terhadap loyalitas; (7) variabel kepuasan tidak terbukti memediasi hubungan antara religiositas dan loyalitas; (8) variabel hijrah intention terbukti memediasi hubungan antara religiositas dan loyalitas; (9) variabel hijrah intention terbukti memediasi hubungan antara religiositas dan kepuasan; (10) variabel kepuasan terbukti memediasi hubungan antara hijrah intention dan loyalitas. Penelitian ini berhasil menjembatani research gap penelitianpenelitian sebelumnya terkait relasi religiositas dan loyalitas dengan membuktikan peran mediasi variabel hijrah intention dan kepuasan pada relasi antara religiositas dan loyalitas. Secara lengkap, hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) model loyalitas nasabah bank syariah sangat didominasi peran variabel hijrah intention sebagai variabel mediasi penuh (full mediation) pada relasi antara religiositas dan kepuasan dan sebagai variabel mediasi parsial (partial mediation) pada relasi antara religiositas dan loyalitas nasabah; (2) membuktikan teori planned behavior bahwa intention merupakan prediktor kuat terhadap perilaku konsumen. Intention dalam teori planned behavior di-proksikan dengan hijrah intention dalam model loyalitas nasabah bank syariah; hijrah intention disimpulkan sebagai variabel penentu (determinant variabel) terhadap loyalitas nasabah bank syariah; (3) hijrah intention dibentuk oleh indikator desire to hijrah, plan to hijrah serta effort to hijrah; (4) definisi dan operasionalisasi variabel hijrah intention. Implikasi hasil penelitian ini adalah: (a) secara teoretis, memberikan kontribusi dalam mengembangkan model perilaku konsumen perspektif Islam; (b) secara empiris, membuktikan bahwa hijrah intention sebagai variabel yang dapat mengisi gap pengaruh religiositas terhadap loyalitas nasabah bank syariah; memberikan kontribusi pengembangan definisi dan operasionalisasi hijrah intention sebagai salah satu faktor yang berpengaruh pada perilaku konsumen sehingga dapat dijadikan referensi penelitian mendatang melalui pengembangan model teoretis dan model empiris yang belum dapat diuji; (c) secara praktis, hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa bank syariah harus memfokuskan pada upaya promosi citra dan peningkatan layanan sehingga mampu membangun relasi jangka panjang dan dapat meningkatkan hijrah intention masyarakat ke bank syariah; (d) pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus meningkatkan literasi masyarakat dan mendorong tingkat inklusi industri keuangan syariah. Tingkat literasi masyarakat yang semakin tinggi dan tingkat inklusi bank syariah akan mampu menjadi magnet pada masyarakat muslim ke arah gerakan hijrah ke bank syariah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA.dan Dr. Ibnu Qizam, S.E., Akt., M.Si.
Uncontrolled Keywords: loyalitas pelanggan; religiositas; kepuasan nasabah; perilaku konsumen
Subjects: Bank dan Perbankan
Perbankan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jan 2022 11:21
Last Modified: 18 Jan 2022 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum