ESTETIKA SUFISTIK: SPIRITUALITAS DAN SENI ISLAM DALAM TARIAN SUFI TANOURA THE JAVA DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH AL-MUBAROKAH TEMPEL BOYOLALI

Siti Khalimah, NIM.: 17105010003 (2021) ESTETIKA SUFISTIK: SPIRITUALITAS DAN SENI ISLAM DALAM TARIAN SUFI TANOURA THE JAVA DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH AL-MUBAROKAH TEMPEL BOYOLALI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ESTETIKA SUFISTIK: SPIRITUALITAS DAN SENI ISLAM DALAM TARIAN SUFI TANOURA THE JAVA DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH AL-MUBAROKAH TEMPEL BOYOLALI)
17105010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ESTETIKA SUFISTIK: SPIRITUALITAS DAN SENI ISLAM DALAM TARIAN SUFI TANOURA THE JAVA DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH AL-MUBAROKAH TEMPEL BOYOLALI)
17105010003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam Islam, seni merupakan penggerak bagi nalar manusia untuk bisa menjangkau lebih jauh apa yang ada di balik materi. Seni merupakan kebebasan yang dimiliki manusia untuk berkreativitas atau berkarya. Setelah adanya paparan yang di sampaikan sebelumnya terkait seni dan Islam, hal ini menunjukkan bahwa seni Islam adalah ekspresi yang dilakukan atau dirasakan oleh manusia tentang keindahan wujud, sisi pandangan Islam tentang alam, hidup, manusia dengan spiritualitasnya untuk mencapai suatu kesempurnaan (kebenaran dan keindahan). Estetika (keindahan) tidak dapat dipisahkan karena seni merupakan bentuk keindahan. Salah satu kreativitas manusia dalam seni Islam yaitu membaca Al-Qur’an, seni kaligrafi dan tarian religius (tarian sufi). Penelitian ini dilakukan untuk melihat seperti apa Estetika Sufistik: Spiritualitas dan Seni Islam dalam Tarian Sufi Tanoura The Java di Pondok Pesantren Nurul Hidayah al-Mubarokah yang bukan hanya sekedar sebuah seni biasa akan tetapi memiliki keunikan, keindahan dan memiliki nilai spiritual. Untuk menjawab permasalahan tersebut pengumpulan data dilakukan melalui observasi, partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis Estetika Sufistik: Spiritualitas dan Seni Islam dalam Tarian Sufi Tanoura The Java di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Mubarokah Boyolali menggunakan teori estetika dari Al-Ghazali. Penulis menggunakan konsep tersebut karena dirasa cocok sebagai pertimbangan analisis bagi peneliti. Di karenakan Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan estetika Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Tarian Sufi Tanoura The Java merupakan seni Islam. Kemudian dikembangkan oleh Pondok Pesantren Nurul Hidayah al-Mubarokah sebagai ekstrakurikuler dan media pembelajaran ilmu tasawuf kepada santri. Tarian Sufi Tanoura di Pondok Pesantren Nurul Hidayah al-Mubarokah menjadi seni islam yang kemudian kostum yang digunakan di modifikasi. Suatu kolaborasi pakaian Timur Tengah dengan pakaian Jawa Tengah yakni kostum tari Gedruk, lampu LED dan berbagai pola dan warna yang menempel dengan makna filosofi yang terkandung. Tujuan dari modifikasi ini sebagai upaya pelestarian agar budaya Timur Tengah dengan budaya Indonesia yang diharapkan dapat membaur ke daerah dan banyak diminati oleh masyarakat luas tanpa menghilakan estetika dan spiritualitas dalam Tarian Sufi sebagai seni Islam. Dimana, dapat kita lihat dari gerakan dan kostum yang digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Waryani Fajar Riyanto, S. HI., M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Estetika, Seni, Islam, dan Tarian Sufi.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

SENI DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2022 12:34
Last Modified: 29 Mar 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum