KEPEMIMPINAN KARISMATIK: STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN AGAMA PAUS FRANSISKUS DALAM FILM THE TWO POPES DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA

Rizal M. Nisfi, NIM.17105040009 (2021) KEPEMIMPINAN KARISMATIK: STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN AGAMA PAUS FRANSISKUS DALAM FILM THE TWO POPES DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KARISMATIK: STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN AGAMA PAUS FRANSISKUS DALAM FILM THE TWO POPES DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA Skripsi Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam)
17105040009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KARISMATIK: STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN AGAMA PAUS FRANSISKUS DALAM FILM THE TWO POPES DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA Skripsi Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam)
17105040009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan faktor penting dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah kepemimpinan seorang tokoh agama. Dalam menjalankan perannya di tengah masyarakat pemimpin ini memiliki pengaruh. Dalam mendapatkan pengaruh di masyarakat diperlukan karisma yang merupakan sebuah anugerah dari Tuhan atau kekuatan spiritual lainnya. Paus Fransiskus merupakan pemimpin Agama Katolik di seluruh dunia sehingga memiliki karisma dalam melakukan pergerakan. Film merupakan media yang dapat menggambarkan fenomena di masyarakat. Fenomena karisma pemimpin tergambarkan dalam film yang berjudul The Two Popes. Kepemimpinan karismatik Paus Fransiskus relevan dengan beberapa kepemimpinan masyarakat di Indonesia. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kajian pustaka dan audio-visual. Seluruh data yang didapatkan dianalisis melalui beberapa tahapan. Yakni, Pertama, reduksi data atau pemilahan data yang sesuai dengan penelitian. Kedua, Display data digunakan untuk memberikan perspektif terhadap data. Setelah itu, data dianalisis dengan teori karisma Max Webber. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan jawaban yang tepat dari problem masalah penelitian. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ditemukan beberapa faktor pendukung munculnya karisma Paus Fransiskus, yakni afirmasi pengikut terhadap pemimpin, memiliki anugerah dari Tuhan yang digambarkan di film, dan tekanan dalam mengubah keadaan hidup sehingga membutuhkan pemimpin untuk mengubah hal tersebut. Selain itu, ada faktor internal seperti pemikiran yang terbuka, memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar, dan keberanian mengambil risiko. Faktor-faktor tersebut juga relevan dengan kepemimpinan masyarakat di Indonesia sehingga menambah khasanah keilmuan tentang kepemimpinan agama karismatik yang dapat mempengaruhi kondisi sosial di Indonesia dalam hal kesejahteraan, kehidupan dalam masyarakat majemuk, dan kepemimpinan masyarakat. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Karisatik, Film The two popes
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2022 12:47
Last Modified: 18 Jan 2022 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum