STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Cindy Wulandhari, NIM.: 18204011036 (2021) STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
18204011036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT JEAN JACKQUESS ROSSEAU DAN ABDULLAH NASIKH ULWAN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
18204011036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang didapati dalam dunia pendidikan di Indonesia, pendidikan belum mampu menjalankan perannya dengan baik. Adanya berbagai macam konsep pendidikan yang diadopsi menjadikan pendidikan dinamis, tetapi belum menunjukkan output yang signifikan. Perubahan kurikulum berdasarkan faktor-faktor perubahan iklim pemerintahan maupun ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tersebut, justru menjadikan pendidikan kurang terarah. Tujuan khusus yang ingin dicapai pun berubah-ubah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Disisi lain, kaitannya dengan Pendidikan Islam, tanpa disadari muncul sikap enggan mengadopsi pemikiran Barat untuk menjawab problematika yang ada, sedangkan menurut tinjauan sejarah, peradaban keilmuan pasca kejayaan Islam runtuh justru banyak diserap oleh Barat. Penelitian ini bermaksud mengkomparasikan konsep Pendidikan menurut tokoh Islam dan tokoh Barat untuk menemukan solusi atas problematika, khususnya pada lingkup Pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini meliputi 3 hal : pertama, mendeskripsikan konsep pendidikan menurut Jean Jackques Rosseau dan Abdullah Nashih Ulwan. Kedua, menganalisis persamaan dan perbedaan konsep pendidikan menurut Jean Jackques Rosseau dan Abdullah Nashih Ulwan. Ketiga yakni menemukan relevansi konsep pendidikan menurut kedua tokoh terhadap Pendidikan Islam. Guna mencapai tujuan penelitian, dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian Library Research menggunakan dokumen tertulis seperti buku, jurnal, dan artikel sebagai bahan penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode hermeneutik, menggunakan logika linguistik dengan membuat pemahaman dan penjelasan terhadap makna kata maupun bahasa sebagai bahan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran kedua tokoh memiliki titik temu pada bagian konsep tahap pendidikan, tujuan, pendidik, peserta didik, materi, dan metode. Analisis terhadap titik temu pemikiran keduanya menunjukkan persamaan pada konsep tahap pendidikan, pendidik, peserta didik, metode, dan materi. Namun pada bagian tahap, tujuan, pendidik, metode, dan materi, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan. Secara garis besar, Abdullah Nashih Ulwan dan Jean Jackquess Rosseau memiliki konsep yang baik dalam hal pendidikan. Kepedulian kedua tokoh terhadap pendidikan dicurahkan kedalam konsep pendidikan sesuai tahap perkembangan anak, bahkan sampai seorang anak berusia remaja dan dewasa. Latar belakang kedua tokoh hingga keyakinan yang dianut berbeda, akan tetapi pemikiran keduanya memiliki relevansi terhadap Pendidikan Islam sehingga keduanya dapat dijadikan acuan dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muh Wasith Achadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Jean Jackquess Rosseau, Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2022 09:42
Last Modified: 19 Jan 2022 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum