HARMONISASI KEBERAGAMAN MASYARAKAT (Studi Pada Relasi Islam-Kristen Dan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Membangun Harmoni di Kelurahan Tanjung Kota Bima)

Ainul Rofik, NIM. 16540066 (2021) HARMONISASI KEBERAGAMAN MASYARAKAT (Studi Pada Relasi Islam-Kristen Dan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Membangun Harmoni di Kelurahan Tanjung Kota Bima). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HARMONISASI KEBERAGAMAN MASYARAKAT (Studi Pada Relasi Islam-Kristen Dan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Membangun Harmoni di Kelurahan Tanjung Kota Bima))
16540066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HARMONISASI KEBERAGAMAN MASYARAKAT (Studi Pada Relasi Islam-Kristen Dan Peran Tokoh Masyarakat Dalam Membangun Harmoni di Kelurahan Tanjung Kota Bima))
16540066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Harmonisasi Keberagaman Masyarakat” (studi pada relasi Islam-Kristen dan peran tokoh masyarakat dalam membangun harmoni di kelurahan Tanjung kota Bima). Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus perpecahan atau konflik antar masyarakat dengan mengatasnamakan agama. yang di akibatkan oleh berbagai faktor, yaitu adanya konflik agama di daerah lain sehingga merambat ke masyarakat Tanjung dan juga konflik Konflik tersebut sangatlah berpengaruh bagi masyarakat yang beragam. Konflik sendiri merupakan fenomena yang seringkali terjadi pada masyarakat. Dan penelitian ini membahas bentuk atau sikap harmonisasi masyarakat Islam dan Kristen dalam upaya menjaga kerukunan dengan sesama, juga peran tokoh masyarakat dalam merawat dan menjaga kerukunan masyarakat Tanjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan turun langsung ke lapangan dan lokasi yang menjadi tempatnya adalah Kelurahan Tanjung kota Bima. serta responden dari penelitian ini adalah masyarakat umum, pelajar, pemerintah setempat dan pemuka agama dari informan yang didapat oleh penulis sebanyak 20 orang. Pada penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh George Herbert Mead tentang teori interaksi simbolik dan juga teori yang digagas oleh Emile Durkheim tentang solidaritas sosial. Dari hasil penelitian ini menemukan hal-hal sebagai berikut. Bahwa dengan adanya kondisi masyarakat yang majemuk atau beragam dapat membentuk masyarakat yang harmonis dengan memperhatikan dan meningkatkan berbagai faktor seperti halnya, kerjasama/gotong royong, saling membantu satu sama lain, saling bahu membahu untuk menjaga dan merawat keberagaman. Terbentuknya masyarakat yang harmonis juga tidak lepas dari peran tokoh masyarakat seperti halnya pemerintah dan tokoh agama. peran tokoh masyarakat dan agama dilakukan oleh tokoh pemerintah dengan memelihara keamanan, ketertiban dan dialog dengan tokoh agama. Adapun tokoh agama memelihara harmoni melalui kerjasama dan dialog. Tokoh agama juga membangun narasi damai melaui sarana rumah ibadah masing-masing sehingga menciptakan solidaritas sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Masroer, S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: Agama, Harmonisasi, Keberagaman
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2022 12:52
Last Modified: 19 Jan 2022 12:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum