LABUHAN PARANGKUSUMO SEBAGAI IMPLEMENTASI PRAKTIK POLITIK KEAGAMAAN KESULTANAN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KONSEP KUASA MICHEL FOUCAULT

Aditya Bagus Nurul Huda, NIM. 17105010039 (2021) LABUHAN PARANGKUSUMO SEBAGAI IMPLEMENTASI PRAKTIK POLITIK KEAGAMAAN KESULTANAN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KONSEP KUASA MICHEL FOUCAULT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LABUHAN PARANGKUSUMO SEBAGAI IMPLEMENTASI PRAKTIK POLITIK KEAGAMAAN KESULTANAN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KONSEP KUASA MICHEL FOUCAULT)
17105010039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LABUHAN PARANGKUSUMO SEBAGAI IMPLEMENTASI PRAKTIK POLITIK KEAGAMAAN KESULTANAN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KONSEP KUASA MICHEL FOUCAULT)
17105010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Diskusi mengenai filsafat politik menjadi pembahasan yang menarik. Dilihat dari filsafat yang merupakan ibu atau induk segala ilmu pengetahuan dan sifat politik yang dinamis senantiasa berkembang mengikuti perkembangan jaman membuatnya masih layak dan terus diperbincangkan sampai sekarang. Salah satu tokoh filsafat yang membahas tentang politik adalah Michel Foucault. Di sisi lain, di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat praktik politik keagamaan yang telah berjalan dan diteruskan hingga Kesultanan masa sekarang. Salah satunya ialah Labuhan Parangkusumo. Michel Foucault mengatakan jika arah politik tak selamanya buruk, tetapi sebaliknya. Politik dapat memudahkan dan melancarkan setiap aktifitas berkehidupan manusia. Hal demikianlah yang membuat arah praktik politik keagamaan Kesultanan Yogyakarta akan dilihat menggunakan perspektif Foucault. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan yang juga didukung dengan data-data kepustakaan. Penelitian yang diangkat penulis difokuskan pada Labuhan Parangkusumo sebagai praktik politik keagamaan Kesultanan Yogyakarta yang akan dijadikan sebagai sumber data primer. Sedangkan untuk sumber data sekunder, didukung dengan kajian tentang teori kuasa Michel Foucault sebagai pisau analisis atau objek formal. Selain itu, sumber sekunder lainnya dapat berupa buku, artikel, serta tulisan lain yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode interpretasi dan analisis. Berdasarkan rumusan masalah yang diangkat oleh penulis, terdapat beberapa kesimpulan. Peneletian ini menemukan bahwa ada kesesuaian sekaligus ketidaksesuaian antara Labuhan Parangkusumo sebagai praktik politik keagamaan jika dilihat menggunakan teori kuasa Michel Foucault. Ada tiga poin dari praktik politik keagamaan Labuhan Parangkusumo yang sesuai dengan teori kuasa Michel Foucault. Pertama, politik bukanlah milik melainkan strategi. Kedua, kuasa berada di mana-mana, bukan hanya pada satu tempat. Ketiga, kuasa dapat bekerja melalui normalisasi dan regulasi, tidak selalu bekerja dengan penindasan dan represi seperti yang telah dipahami kebanyakan pemikir selama ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Alim Roswantoro, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Labuhan Parangkusumo, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Michel Foucault.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2022 15:14
Last Modified: 19 Jan 2022 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum