DAMPAK GAME ONLINE TEHADAP RELIGIUSITAS SANTRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pesantren Al-Ittihad DDI Soni Kec Dampal Selatan Kab Toli-Toli Sulawesi Tengah)

Akmaluddin, NIM .17105020025 (2021) DAMPAK GAME ONLINE TEHADAP RELIGIUSITAS SANTRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pesantren Al-Ittihad DDI Soni Kec Dampal Selatan Kab Toli-Toli Sulawesi Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK GAME ONLINE TEHADAP RELIGIUSITAS SANTRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pesantren Al-Ittihad DDI Soni Kec Dampal Selatan Kab Toli-Toli Sulawesi Tengah) SKRIPSI)
17105020025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK GAME ONLINE TEHADAP RELIGIUSITAS SANTRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pesantren Al-Ittihad DDI Soni Kec Dampal Selatan Kab Toli-Toli Sulawesi Tengah) SKRIPSI)
17105020025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai “Dampak Game Online Terhadap Religiusitas Santri Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pesantren Al-Ittihad DDI Soni Kecamatan Dampal selatan Kabupaten Toli-Toli Sulawesi Tengah)” dimana pada masa Pandemi Covid-19 menjadikan Game online menjadi salah satu yang paling banyak diminati pada masa Pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan dari dampak work from home (WFH). Santri al-Ittihad DDI Soni pun tidak luput dari pengaruh hingga mengalami kecanduan (adiksi) terhadap game online. Penggunaan waktu yang berlebihan terhadap game online selama Pandemi Covid-19 menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari ketika santri berada di luar pondok pesantren atau di rumah, gangguan ini secara nyata merubah prioritas santri sehingga berdampak pada menurunnya religiusitas seorang santri, dilihat dari banyaknya santri yang aktif memainkan game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan game online pada santri Al-Ittiihad DDI soni, serta untuk mengetahui dampak game online terhadap religiusitas santri Al-Ittihad DDI Soni Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli-Toli Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama dengan menggunakan analisis data kualitatif dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah terori religiusitas dari Glock dan Stark mengenai 5 (lima) dimensi religiusitas, yaitu: Dimensi Ideologis, Dimensi Ritualistik, Dimensi Intelektual, Dimensi Eksperensial dan Dimensi Konsekuensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game online pada santri al-Ittihad DDI Soni terbilang cukup tinggi hal ini terlihat dari banyak santri yang sudah mulai kecanduan game online. Dampak game online terhadap religiusitas santri anatara lain dimana santri sudah mulai meninggalkan ibadah sholat 5 (lima) waktu, kurang baiknya akhlak terhadap orang tua, dilihat dari santri suka berbohong, tidak jujur dalam aktivitas yang dilakukan. Selain dari itu santri cenderung mengasingkan diri dari lingkungan sosial sehingga mengakibatkan kurangnya interaksi sosial terhadap masyarakat sekitar. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan pengawasan orang tua serta memberikan pengertian terhadap dampak negatif yang dihasilkan dari aktivitas bermain game online secara berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Roni Ismail, S. Th.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Game Online, Religiusitas Santri
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Jan 2022 11:05
Last Modified: 20 Jan 2022 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum