DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEBERAGAMAAN SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN SIROJUL MUKHLASIN PAYAMAN 02 MAGELANG

Moh Ishak, NIM .17105020027 (2021) DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEBERAGAMAAN SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN SIROJUL MUKHLASIN PAYAMAN 02 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEBERAGAMAAN SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN SIROJUL MUKHLASIN PAYAMAN 02 MAGELANG)
17105020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEBERAGAMAAN SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN SIROJUL MUKHLASIN PAYAMAN 02 MAGELANG)
17105020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai “Dampak Game online Terhadap Keberagamaan Santri Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman 02 di Magelang”. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak keberagamaan santri yang sering bermain game online, tingkat keberagamaan atau religiusitas setiap santri pasti berbeda-beda. Jadi disini penulis tertarik untuk melakukan penelitian guna mencari tahu secara langsung bagaimana tingkat keberagamaan santri gamers di pondok pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman 02 tersebut. Dilatar belakangi dari pengamatan penulis sendiri bahwa semakin berkembangnya teknologi informasi yang sejalan dengan semakin banyaknya game-game yang berbasis online sehingga banyak santri remaja kurang memperhatikan kewajibannya sebagai seorang santri, dikarenakan sering bermain game online. dengan adanya permasalahan tersebut maka penulis semakin tertarik untuk melakukan penelitian dengan latar belakang tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Data yang di peroleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yaitu menggunakan metode deskriptif, dan pendekatan yang digunakan adalah penedekatan psikologi agama dengan menggunakan teori religiusitas mengenai dimensi keagamaan dari Glock dan Stark. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game online pada santri relatif tinggi, terlihat dari banyaknya santri yang sudah kecanduan bermain game online. Adapun dampak dimensi keberagamaan yaitu dimensi keyakinan 100% santri gamers menyakini secara penuh adanya Tuhan yaitu Allah swt. Pada dimensi praktek agama remaja masjid sebagian masih kurang dalam hal ketaatan beribadah, ketepatan waktu sholat dalam sehari santri gamers belum bisa melaksanakan sholat lima waktu secara penuh saat bermain game. Pada dimensi intelektual 90% santri gamers mendapatkan ilmu pengetahuan dari pondok. Pada dimensi experiensial 50% santri gamers sudah khusyu’ dalam melaksanakan sholat dan 100% remaja percaya bahwa setiap doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah. Pada dimensi konsekuensional 60% para santri sudah semakin jarang berinteraksi dengan teman-teman sebayanya serta orang tua, mereka lebih mementingkan bermain game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Roni Ismail, S. Th.I., MSI
Uncontrolled Keywords: Game online, Keberagamaan Santri
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Jan 2022 11:05
Last Modified: 20 Jan 2022 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum