COVID-19 DAN PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI (Studi Kasus Asrama Utsman Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta)

Iffan Haikal Jadid, NIM. 17105040012 (2021) COVID-19 DAN PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI (Studi Kasus Asrama Utsman Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COVID-19 DAN PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI (Studi Kasus Asrama Utsman Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi Syarat)
17105040012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (COVID-19 DAN PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI (Studi Kasus Asrama Utsman Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi Syarat)
17105040012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemunculan pandemi COVID-19 menyebabkan terjadi perubahan dalam kehidupan masyarakat. hal ini dikarenakan aspek kesehatan akan berimbas kepada seluruh kegiatan masyarakat termasuk dalam peribadatan. Santri yang berada di pesantren pun ikut merasakan imbas dari pandemi ini untuk mengatasi hal ini, pengasuh pesantren wahid hasyim, bapak KH. Jalal Suyuti, memulangkan sebagian santri ke rumah masing-masing. Namun dimanapun santri berada akan mengalami perubahan dalam perilaku peribadatan. Hal ini dikarenakan kewajiban penerapan protokol kesehatan dalam beraktifitas, termasuk dalam beribadah. Dari situ maka penelitian berjudul “COVID-19 dan Perubahan perilaku peribadatan santri (studi kasus asrama utsman pondok pesantren wahid hasyim yogyakarta)” ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku peribadatan yang santri alami di asrama dan di rumah. Penelitian ini menggunakan perspektif sociology of illness atau sosiologi sakit, berbentuk kualitatif dan dijelaskan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara daring dengan lima orang narasumber yang merupakan santri Asrama Utsman Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Adapun teori yang digunakan adalah teori Health Belief Model atau model keyakinan sebagai teori utama dan teori dimensi keagamaan Glock & Stark sebagai teori penguat. Teori Health Belief Model menyatakan bahwasanya perubahan perilaku kesehatan terjadi karena keyakinan yang dimiliki seseorang atas kerentanan diri, dan keyakinan atas keuntungan dan kerugian yang akan didapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya keadaan sakit dapat mempengaruhi dan mengubah perilaku peribadatan. Pandemi COVID-19 yang berlangsung menyebabkan aspek kesehatan menjadi sesuatu yang harus diutamakan dalam pelaksanaan aktivitas, termasuk ketika beribadah. Perubahan perilaku peribadatan yang santri alami baik di rumah maupun di asrama berawal dari kondisi santri selama pandemi, yang kemudian merubah nalar keagamaan santri menjadi nalar darurat atas bahaya pandemi COVID-19. Hal ini yang kemudian merubah pola dan bentuk perilaku peribadatan santri.. Hal ini juga kemudian akan mengubah kepuasan dan kenikmatan beribadah santri selama pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Munawar Ahmad, S.S, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Health Belief Model, COVID-19, Ibadah, Protokol kesehatan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Jan 2022 11:02
Last Modified: 20 Jan 2022 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum