PARTISIPASI SUAMI PADA SEKTOR DOMESTIK (Studi Kasus Pada Keluarga Perempuan Pekerja di Desa Kembaran Wetan, Kabupaten Purbalingga

Eva Yuliani, NIM. 1710504002 (2021) PARTISIPASI SUAMI PADA SEKTOR DOMESTIK (Studi Kasus Pada Keluarga Perempuan Pekerja di Desa Kembaran Wetan, Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI SUAMI PADA SEKTOR DOMESTIK (Studi Kasus Pada Keluarga Perempuan Pekerja di Desa Kembaran Wetan, Kabupaten Purbalingga)
17105040025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI SUAMI PADA SEKTOR DOMESTIK (Studi Kasus Pada Keluarga Perempuan Pekerja di Desa Kembaran Wetan, Kabupaten Purbalingga)
17105040025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Gender sebagai konstruksi sosial selalu memberikan pembeda antara perempuan dan laki-laki. Didalam masyarakat khususnya Jawa banyak sekali budaya yang menganut system patriarkhi yang dicirikan bahwa laki-laki merupakan kepala rumah tangga sekaligus pencari nafkah danj perempuan mengurus rumah tangga. Seiring berkembangnya zaman di-mana sektor industri selalu dikaitkan dengan tolak ukur keberhasilan pembangunan nyatanya menyisakan problem seperti ketimpangan gender. Hal ini menarik penulis untuk meneliti fenomena yang terjadi di Kabupaten Purbalingga khususnya Desa Kembaran wetan yang diakibatkan pembangunan yang tidak merata sehingga menyebabkan pertukaran peran antara suami dan istri dalam rumah tangga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Bahan yang menjadi objek penelitian adalah 5 pasangan suami istri di Desa Kembaran Wetan. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan penulis menggunakan analisis data dengan teori nature dan nurture Mansour Fakih. Hasil dari penelitian ini, penulis fokus terhadap pembagian peran dalam rumah tangga serta bagaimana mekanisme pertukaran peran yang terjadi antara suami istri di Desa Kembaran Wetan yang kemudian dianalisis menggunakan pola relasi dalam keluarga. Mendiskripsikan mengenai dampak yang terjadi apabila pekerjaan domestik dipegang oleh suami serta bagaimana bentuk ketidakadilan gender yang menimpa para suami. Dengan adanya pertukaran posisi menyebabkan para suami hanya memiliki kuasa sedikit dalam rumah tangga. Berbagai bentuk ketidakadilan gender mewarnai kehidupannya selepas terjadinya pertukaran peran yang disebabkan adanya konstruksi sosial dalam masyarakat. Berbagai bentuk ketidakadilan gender yang mereka terima diantaranya adalah marginalisasi, subordinasi, stereotipe, dan beban kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pertukaran Peran, Ketidakadilan Gender
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Jan 2022 11:04
Last Modified: 20 Jan 2022 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum